Penguatan Wacana Moderasi dan Bela Negara oleh Dosen PAI pada Perguruan Tinggi Umum

0
349

NEWSCOM.ID – Asosiasi dosen Pendidikan Agama Islam sebagai wadah dosen-dosen pendidkan agama islam di universitas umum pada kamis-sabtu 15-17 Des 2022, menyelenggarakan Focus Grup Discussion untuk memperkuat narasi moderasi beragama dan bela negara di perguruan tinggi Indonesia. Kegiatan yang diselenggarakan di hotel Naraya UTC UNJ tersebut dihadiri oleh 65 orang pengurus DPP yang berasal dari beberapa perguruan tinggi di seluruh wilayah Indonesia.

Kegiatan FGD tersebut ditujukan untuk memperkuat pemahaman bangsa Indonesia khususnya para mahasiswa dan generasi muda pada umumnya tentang urgensi,  konsep, dan implementasi moderasi beragama dan bela negara. FGD ini diharapkan mampu menghasilkan essay-essay ilmiah dengan bahasa populer, dan konten-konten video berisi tentang best practice dan harapan seputar penerapan konsep dan implementasi tawasut dan i’tidal, dalam mengembangkan kehidupan berbangsa dan bernegara yg toleran, anti kekerasan, menghargai Kearifan lokal,  dan bela negara.

Ketua Umum DPP ADPISI  Andy Hadiyanto menegaskan bahwa dosen agama sebagai garda terdepan dlm pembinaan kehidupan beragama di kampus hrs semakin berkontribusi dlm memperkuat pengamalan Islam ramah , berkeadaban, dan berkontribusi untuk peradaban. Salah satu upaya utk itu adalah dg terus mengkampanyekan dan mengarusutamakan moderasi beragama dan bela negara, di kalangan akademisi khususnya dan umat islam pd umumnya. Upaya pengarusutamaan moderasi dan bela negara tsb dapat dilakukan ADPISI melalui kegiatan2 penelitian, pengabdian masyarakat, dakwah, dan penguatan ekonomi umat.

Melalui kegiatan ini para peserta berharap agar ke depan ADPISI dpt menjadi organisasi profesi yg dikenal dan memiliki reputasi nasional seputar tema2 moderasi.

LEAVE A REPLY