Pra-Muktamar VIII, DMI-Kemenag Gelar “Edukasi Singkat Penataan Akustik Masjid”

0
214
Sumber: Muhammad Ibrahim Hamdani

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) bekerja sama dengan Direktorat Urusan Agama Islam (Urais) dan Pembinaan Syariah (Binsyar) Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI) akan menyelenggarakan Edukasi Singkat Penataan Akustik dan Sistem Audio Masjid pada Rabu (21/02/24).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Departemen Komunikasi, Informasi (Kominfo), Pengembangan Arsitektur dan Infrastruktur Masjid PP DMI, sebagai bagian dari Agenda Pra Muktamar VIII DMI yang akan diselenggarakan pada Jumat hingga Ahad, (1-3/03/24), di Hotel Sultan, Jakarta.

Acara ini akan berlangsung di Gedung DMI Pusat, Lantai 4, Jakarta, dan diikuti oleh 50 peserta yang berasal dari Takmir Masjid di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Berdasarkan susunan acara yang penulis terima dari panitia penyelenggara, rencananya, acara ini akan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), Dr. H. Imam Addaruqutni, M.Ag. Beliau juga akan menyampaikan kata sambutan dalam acara ini.

Turut hadir dan menyampaikan kata sambutan Direktur Urais dan Binsyar – Direktorat Jenderal (Ditjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag RI, Dr. H. Adib, M.Ag. Hadir pula Ketua Departemen Kominfo, Pengembangan Arsitektur dan Infrastruktur Masjid PP DMI, Ir. H. Achmad Sugiarto, M.M.

Sejumlah Diskusi Panel juga akan digelar dalam acara ini, antara lain, dengan tema: “Penataan Akustik Masjid dan Penguatan Harmoni Kehidupan Umat Beragama”.

Tema lainnya yang akan dibahas dalam Diskusi Panel di acara ini ialah “Dasar-Dasar Penataan Akustik Masjid,” “Dasar-Dasar Sound System Masjid,” dan “Pengukuran Gaung dan Tingkat Kekerasan Suara,” serta “Praktikum Merangkai Sound System dan Penataan Akustik Masjid”.

Acara ini akan dimulai pada Pukul 08.30 Waktu Indonesia Barat (WIB) dengan rangkaian acara pembacaan doa, pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an, dan penyematan secara simbolis kartu identitas kepada tiga orang peserta oleh Sekjen PP DMI.

Adapun pemateri berasal dari perusahaan rekanan DMI, yakni PT. TOA GALVA Prima Karya, serta Anggota Departemen Kominfo, Pengembangan Arsitektur dan Infrastruktur Masjid PP DMI, Ir. H. Bram Syakir.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si.

Direktur Bidang Media, Komunikasi dan Informasi PP PRIMA DMI

 

LEAVE A REPLY