Perbincangan Presiden Jokowi dengan Dokter Faisal Rizal, Penyintas COVID-19

0
720
Sumber: Biro Pers, Media dan Informasi (BPMI) Sekretariat Presiden RI

NEWSCOM.ID, KOTA BOGOR – Dokter spesialis paru di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof. Dr. Sulianti Saroso, dr. Faisal Rizal Matondang, Sp.P., mengajak masyarakat Indonesia untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan saat pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19). Ia pun berharap agar pandemi ini bisa segera terlewati.

dr. Faisal Rizal Matondang, Sp.P., seorang dokter spesialis paru, menyatakan hal itu pada Ahad (27/9) pagi, saat berbincang dengan Presiden Republik Indonesia (RI), Ir. H. Joko Widodo, secara daring. Presiden berbincang-bincang dari Istana Kepresidenan Bogor, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Informasi ini dibenarkan oleh Biro Pers, Media dan Informasi (BPMI) Sekretariat Presiden RI dalam rilisnya kepada NEWSCOM.ID pada Ahad (27/9). Hasilnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun dapat merasakan benar perjuangan, dedikasi dan kerja keras yang ditunjukkan oleh para dokter di tengah pandemi COVID-19.

“Dokter Faisal lagi di mana? Sepertinya sedang tidak bertugas?” tanya Presiden Jokowi kepada dr. Faisal Rizal Matondang, Sp.P., di awal pembicaraan melalui sambungan video konferensi. Video ini juga diunggah ke saluran Youtube BPMI Sekretariat Presiden RI pada Ahad (27/9) di laman https://www.youtube.com/watch?v=jF05zBZkAFE.

Dalam perbincangan ini, terungkap pula bahwa dr. Faisal Rizal Matondang, Sp.P., sempat dinyatakan terinfeksi positif COVID-19. “Hari ini saya pertama masuk, Pak, setelah saya menjalani perawatan. Saya terkena COVID-19. Jadi saya sudah menjalani perawatan segala macam,” jawab dr. Faisal Rizal Matondang.

dr. Faisal Rizal Matondang telah bersiaga menangani pasien yang terinfeksi positif COVID-19 sejak masa awal pandemi di Indonesia. Dampaknya, dr. Faisal pun memiliki kontak erat dengan sejumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19 selama bertugas. Bahkan dr. Faisal sempat terpapar virus COVID-19 yang telah mewabah di sedikitnya 215 negara.

dr. Faisal Rizal Matondang Sp.P juga telah menjalani perawatan medis untuk memulihkan kondisinya pasca terpapar virus Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) Corona Virus Desease (COVID)-2.

Alhamdulillah, setelah melalui sejumlah pemeriksaan dan dilakukan tes usap (swab), beliau dinyataan sembuh dan dapat bertugas kembali sebagai dokter, guna menolong dan memberikan pengobatan bagi para pasien yang terinfeksi COVID-19.

“Kemarin (hasil) rontgen terakhir dan sudah di (tes) swab. Saya dinyatakan sudah boleh bertugas. Jadi hari ini saya baru hari pertama bertugas,” ungkap dr. Faisal.

Presiden Joko Widodo pun langsung menanggapi pernyataan dr. Rizal Faisal Matondang itu. “Alhamdulillah sudah sembuh. Dokter Faisal, bagaimana penanganan COVID-19 di RSPI Sulianti Saroso?” ucapnya.

Dokter spesialis paru lulusan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Indonesia (UI) itu pun menjelaskan bahwa perawatan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso sudah sesuai dengan prosedur dan standar dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. “Termasuk sarana dan obat-obatan yang tersedia lengkap,” imbuhnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY