Video: “Timur Tengah dan Gaya Hidup Halal di Indonesia – 1”

0
273

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Video pada akun Youtube Tawaf Talks di laman https://youtu.be/_Ze0HejQwCs merupakan segmen satu dari salah satu program “Khazanah Timur Tengah” di Tawaf TV dengan tema: “Timur Tengah dan Gaya Hidup Halal di Indonesia”.

Dalam video berdurasi delapan menit 26 detik ini, sosok yang menjadi narasumber ialah Ketua Center for Strategic Policy Studies (CSPS) Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI), Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si.

Saat ini, Guntur Subagja juga mengemban amanat selaku Asisten Staf Khusus (Astafsus) Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Bidang Ekonomi dan Keuangan, serta menjadi Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI).

“Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Di satu sisi, saat ini Qatar sedang mengalami embargo dari beberapa negara tetangganya, terutama dari Saudi Arabia. Qatar adalah satu kekuatan ekonomi yang sangat besar di Timur Tengah. Qatar pun memiliki cadangan gas yang sangat besar,” tutur Guntur Subagja.

Menurutnya, Qatar tidak begitu terdampak oleh lesunya ekonomi Timur Tengah saat sumber-sumber minyak bumi sedang lesu karena turun harga di pasar global. Ekonomi Qatar pun relatif stabil dengan jumlah penduduk yang sangat kecil, bahkan lebih dari separuh adalah ekspatriat atau tenaga kerja asing.

Qatar, lanjutnya, tentu bisa memanfaatkan momentum piala dunia menjadi satu kebangkitan ekonomi sekaligus destinasi wisata global yang sangat besar.

“Momentum turnamen olahraga seperti Piala Dunia ini pun berdampak besar terhadap kawasan Timur Tengah,” ujar Wakil Ketua Umum Ikatan Alumni (Iluni) Program Pascasarjana (PPs.) UI itu.

Turnamen olahraga Piala Dunia 2022, ungkapnya, merupakan momentum untuk memperkenalkan budya, ekonomi dan pariwisata serta hal-hal lain di Timur Tengah.

Acara ini dipandu oleh Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si., selaku pembawa acara (host) dan moderator program Khazanah Timur Tengah. Saat ini, ia juga mengemban amanat sebagai Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kemitraan Internasional Pimpinan Pusat (PP) Perhimpunan Remaja Masjid (PRIMA) Dewan Masjid Indonesia (DMI).

Wakil Sekretaris Pusat Dakwah dan Perbaikan Akhlak Bangsa (PD-PAB) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat itu pun menyatakan bahwa sepak bola telah menjadi salah satu olahraga favorit masyarakat dunia, termasuk Timur Tengah. “Bahkan Qatar terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia atau World Cup 2022,” paparnya.

Artinya, lanjut peneliti dan bendahara CSPS SKSG UI itu, animo masyarakat Timur Tengah terhadap gaya hidup yang terkait olahraga sepak bola ini akan meningkat pesat. “Apalagi Qatar merupakan negara Muslim terkaya di dunia dengan pendapatan per kapita US$ 129.720 atau setara dengan Rp 1,7 miliar per kapita,” ucapnya.

Tawaf TV dapat disaksikan secara langsung atau live streaming di laman https://tawaf.tv/watch-live/live, di UseeTV pada channel 858, di Indovision pada channel 105, di MNC Vision pada channel 75, dan di Nin Media pada channel 72, serta di Galaxy.id.

Berikut ini ialah video pada laman https://youtu.be/_Ze0HejQwCs yang diunggah ke akun Youtube Tawaf Talks pada Senin, 31 Januari 2022. Selamat menyaksikan, semoga bermanfaat, terima kasih.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY