KKN Mahasiswa UBP: “Bangun Desa Damai – Berkeadilan Berbasis SDGs”

0
750
Sumber: Tim KKN Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan (UBP) - Karawang

NEWSCOM.ID, KARAWANG – Tim KKN Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang sedang Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Dukuhkarya, Kecamatan Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat, telah melaksanakan Program Kegiatan Masyarakat Berbasis Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/ SDG’s).

Adapun tema Program Kegiatan Masyarakat Berbasis SDG’s yang diangkat ialah Membangun Desa Damai dan Berkeadilan Melalui Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan bagi LINMAS (Perlindugan Masyarakat) Desa Dukuhkarya. Kegiatan ini berlangsung di Aula Kantor Desa Dukuhkarya.

Ketua Tim KKN Mahasiswa lintas Program Studi UBP Karawang, Syehan Zainul, menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untukmendukung Pencapaian SDGs Desa, seperti yang telah dicanangkan oleh Pemeirntah RI.

“Dari 18 program pencapaian SDGs Desa yang dicanangkan oleh Pemerintah RI, salah satunya adalah Program Desa Damai dan Berkeadilan. Selain program itu, Tim KKN Mahasiswa Lintas Program Studi UBP Karawang jugatelah melaksanakan program kerja lainnya di Desa Dukuhkarya,” jelasnya pada Rabu (20/7).

Misalnya, lanjut Syehan Zainul, program Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi dan lain-lain. Tim KKN Mahasiswa Lintas Program Studi UBP Karawang akan melaksanakan KKN tersebut selama satu bulan, sejak 1 Juli 2023 hingga 31 Juli 2023 mendatang.

Kegiatan Tim KKN Mahasiswa Lintas Program Studi UBP Karawang juga mendapat sambutan baik dari Kepala Desa Dukuhkarya yang saat itu diwaliki oleh Sekretaris Desa. Bahkan beliau merespon positif salah satu kegiatan KKN Tahun 2023 berbasis SDGs ini.

“Saya berharap kepada Pemerintah Kabupaten Karawang untuk lebih implementatif dalam pencapaian SDGs yang telah dicanangkan oleh pemerintah,” papar Sekretaris Desa Dukuhkarya pada Kamis (20/7).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Desa Dukuhkarya ini diikuti oleh LINMAS wilayah Desa Dukuhkarya, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang.

Dalam acara ini, turut hadir Koordinator KKN bagi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) UBP Karawang, Ainur Alam Budi Utomo, S.Pd.I., M.Si., M.Pd., selaku narasumber. Beliau juga seorang alumni Training of Trainer (ToT) Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI Tahun 2022.

“Keberadaan LINMAS di Desa Dukuhkarya sangat penting untuk mengimplementasikan 14 Nilai-Nilai Kebangsaan yang bersumber dari Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika di tengah masyarakat,” ucap Aunur Alam Budi Utomo, M.Si., M.Pd.

Caranya, lanjutnya, ialah dengan penanaman kesadaran terhadap nilai-nilai tersebut dari pribadi terlebih dahulu, kemudian menjadi agen perubaham di masyarakat dan pastinya menjadi teladan bagi semua.

“Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan Ice Breaking ‘Siapa Kita’ sehingga semua peserta dapat mengikuti dengan antusias, semangat dan totalitas hingga akhir acara,” ungkapnya.

Pada akhir kegiatan Pengabdian Masyarakat Berbasis SDGs ini, UBP Karawang pun melakuan penandatanganan Implementing Arrangement (IA) dengan Desa Dukuhkarya. “Hal ini sesuai dengan visi UBP Karawang, yakni Bereputasi Nasional dan Berwawasan Kebangsaan,” katanya.

“Salah satu kegiatan Pengabdian Masyarakat Berbasis SDGs ini merupakan bentuk implementasi dari IA antara UBP Karawang dengan Desa Dukuhkarya yang selaras dengan visi universitas,” ujarnya.

Sumber: Tim KKN Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan (UBP) – Karawang

Editor: Muhammad Ibrahim Hamdani

Peneliti CSPS CSGS SKSG UI

LEAVE A REPLY