Luncurkan Aplikasi Barzah, Dompet Dhuafa Gandeng 41 Mitra

0
137
Sumber: NEWSCOM.ID / Hamdani

NEWSCOM.ID, JAKARTA РBadan Pemulasaraan Jenazah (Barzah) Dompet Dhuafa telah meluncurkan (launching) Aplikasi Barzah: Siap Antar Jenazah pada Jumat (24/1) siang di Masjid At-Tiin, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Selatan. Aplikasi ini dapat diunduh pada platfrom telpon seluler (ponsel) pintar pada AppStore.

Berdasarkan pantauan NEWSCOM.ID, Dompet Dhuafa mengusung tag line Kemudahan Layanan Antar Jenazah dalam prosesi peluncuran Aplikasi Barzah. Sebagai pengembang (developer) Aplikasi Barzah, Dompet Dhuafa juga didukung oleh PT. Medcom Visi Tama dan Rumah Coding.

Dompet Dhuafa juga menggandeng sejumlah mitra strategis dalam pelaksanaan aplikasi ini, seperti Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), Mandiri Amal Insani (MAI), Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Bank Syariah Mandiri (BSM), Gerak Bareng, Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar, Al-Ummahat Peduli, dan Sekolah Dasar Islam Abu Dzar, serta mitra lainnya.

Dalam kegiatan ini, turut hadir Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa, drg. H. Imam Rulyawan, Direktur Budaya, Dakwah, dan Layanan Masyarakat (BDLM) Dompet Dhuafa, Ustaz H. Ahmad Sonhaji, dan Chief Communication Officer (CCO) Dompet Dhuafa, Guntur Subagja Mahardika, M.Si., serta perwakilan mitra-mitra Barzah Dompet Dhuafa.

Gambar mungkin berisi: telepon dan teks

Dalam kegiatan ini, Dompet Dhuafa juga menandatangani Nota Kesepahaman dengan mitra-mitra Barzah Dompet Dhuafa dalam pelaksanaan Aplikasi Barzah. Terdapat total 41 mitra tim Barzah Dompet Dhuafa dalam pemanfaatan Aplikasi Barzah ini.

Seperti dikutip dari laman https://www.antaranews.com/, dalam sambutannya Direktur BDLM Dompet Dhuafa, Ahmad Sonhaji, menyatakan bahwa dalam kurun waktu 2012 – 2019, Dompet Dhuafa merasakan sangat tingginya kebutuhan masyarakat Muslim terhadap mobil jenazah.

“Sementara itu ada keterbatasan armada jenazah yang kami miliki. Di sisi lainnya. masyarakat yang memiliki armada jenazah kurang memaksimalkan pemanfaatan mobil jenazah,” tutur Ahmad Shonhaji pada Jumat (24/1) siang.

Karena itu, lanjutnya, tim Barzah Dompet Dhuafa terus berupaya memberikan kemudahan bagi masyarakat, khususnya yang sedang tertimpa duka. Antara lain melalui fasilitas pelayanan dengan empat kewajiban bagi (orang) yang hidup kepada yang sudah wafat, yakni memandikan, mengkafani, mensholatkan, dan menguburkan.

“Kami memfasilitasi pemanfaatan mobil jenazah milik masyarakat agar berfungsi maksimal, yang kita sebut sebagai mitra Barzah. Untuk memudahkan masyarakat mendapatkan layanan jenazah, Dompet Dhuafa juga menghadirkan Aplikasi Barzah,” papar Ahmad Sonhaji.

Menurutnya, semakin banyak mitra Barzah, maka semakin luas sebaran manfaat dan masyarakat yang menikmati layanan Aplikasi Barzah. Dompet Dhuafa pun berkolaborasi dengan masjid, instansi pemerintah dan swasta, maupun mitra-mitra lainnya. Tujuannya untuk memudahkan akses layanan Barzah kepada masyarakat berdasarkan wilayahnya.

Ahmad Sonhaji pun menyebutkan data bahwa sejak Juni 2012 hingga Desember 2019, terdapat 4.039 jenazah yang telah dilayani pemulasaraan jenazahnya oleh Tim Barzah Dompet Dhuafa.

“Dengan hadirnya Aplikasi Barzah, maka masyarakat dapat lebih cepat dan lebih mudah mendapatkan manfaat dari hadirnya 41 mitra tim Barzah Dompet Dhuafa. Aplikasi ini juga mampu mengoptimalkan armada jenazah Tim Barzah yang sudah ada,” jelasnya.

Aplikasi Barzah ini, ungkapnya, di masa awal bersifat tidak berbayar alias gratis. Namun, Dompet Dhuafa selaku pengembang aplikasi akan menyiapkan kolom infaq bagi masyarakat yang ingin berinfaq atas layanan Barzah.

“Ke depannya, kami mengajak para donatur untuk meningkatkan aplikasi layanan Barzah agar semakin luas manfaatnya dan menjangkau semua lapisan masyarakat,” ujarnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY