Prof. Wimboh Santoso Menjadi Narasumber dalam IRI-Indonesia

0
135
Sumber: Prof. Wimboh Santoso, S.E., M.Sc., Ph.D., https://finance.detik.com/

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Republik Indonesia (RI), Prof. Wimboh Santoso, S.E., M.Sc., Ph.D., akan menjadi narasumber pada Jumat (31/1), dalam sesi dialog bertema Tinjauan Upaya Yang Ada untuk Melindungi Hutan di Indonesia.

Informasi ini diterima NEWSCOM.ID dari rilis resmi panitia IRI-Indonesia pada Selasa (28/1) siang.

Prof. Wimboh Santoso akan membahas sub tema ‘Tinjauan Inisiatif Keuangan oleh Pemerintah untuk Melindungi Hutan’. Sesi dialog ini menjadi bagian dari acara Interfaith Rainforest Initiative – Indonesia (IRI – Indonesia) atau Prakarsa Lintas Agama Untuk Hutan Tropis – Indonesia pada Kamis (30/1) hingga Jumat (31/1).

Narasumber lainnya dalam sesi dialog ini adalah Direktur Jenderal (Dirjen) Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, Ir. Wiratno, M.Sc. Ia akan membahas sub tema ‘Tinjauan Hukum dan Kebijakan Nasional dalam Perlindungan Hutan oleh Pemerintah’.

Turut hadir Dr. Eng. Erwin Widodo, S.T., M.Eng., dari Tropical Forest Alliance (TFA) sebagai narasumber dalam sesi dialog ini. Ia membahas sub tema ‘Tinjauan Inisiatif yang Dilakukan Swasta untuk Melindungi Hutan’.

Dua narasumber lainnya ialah Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI), Nur Hidayati, dan Chip Fay dari Rainforest Foundation Norway (FRN). Keduanya akan membahas sub tema ‘Masyarakat Sipil / Lembaga Swadaya Masyarakat’.

Lalu ada Mina Susana Setra selaku narasumber dari Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN). Ia akan membahas sub tema ‘Masyarakat Adat untuk Perlindungan Hutan’. Ada pula Abdul Situmorang selaku narasumber dari United Nations Development Program (UNDP) di Indonesia. Ia akan membahas sub tema Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Adapun fasilitator dalam sesi dialog ini ialah Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Prof. Dr. Hj. Amany Burhanuddin Umar Lubis, Lc., M.A.

Selain itu, akan diselenggarakan Pengenalan Prakarsa Lintas Agama Untuk Hutan Tropis pada Kamis (30/1) dengan fasilitator Charles Ian Mc Neill, Ph.D., dari United Nations Environment Programme (UNEP). Narasumber dalam sesi ini ialah Direktur Eksekutif GreenFaith, The Rev. Fletcher Harper.

IRI-Indonesia ini diselenggarakan oleh sejumlah ormas berbasis keagamaan, antara lain Inter Religious Council Indonesia (IRCI), Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), dan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI).

Ormas-ormas pemrakarsa lainnya ialah Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi), Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (MATAKIN), Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN), Indonesia Bergerak Menyelamatkan Bumi, Religions for Peace, dan United Nations Environment Programme (UNEP), serta Rainforest Foundation Norway.

Satu organisasi pemrakarsa yakni ialah Green Faith Interfaith Partners in Actions for The Earth. Kegiatan ini terdiri dari Lokakarya, Dialog, dan Peluncuran IRI – Indonesia 2020.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY