Korps Polairud Jateng-BAZNAS Akan Tebar 20.000 Bibit Ikan Bandeng

0
100
Sumber: http://baznas.go.id

NEWSCOM.ID, DEMAK – Kegiatan pemberdayaan sosial bertajuk Peduli Penghijauan Pesisir dan Penguatan Ekonomi Kerakyatan Masyarakat PesisirĀ akan berlangsung pada Selasa (25/2), bertempat di Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Seperti dikutip dari laman http://baznas.go.id/, kegiatan ini diselenggarakan oleh Korps Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) Provinsi Jateng bekerja sama dengan kelompok mustahik (penerima zakat) binaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Lembaga Zakat Community Development (ZCD).

Rencananya, sebanyak 1.000 bibit mangrove akan ditanam saat kegiatan berlangsung. Selain itu, juga dilaksanakan penebaran bibit ikan bandeng bersama sebanyak 20.000 ekor dan penebaran bibit kerang hijau.

Bibit bandeng dan bibit kerang hijau akan disebar di Sungai Pandan Sari yang ada di kawasan Desa Bedono. Sungai Pandan Sari akan dimanfaatkan sebagai kolam dengan cara membendung aliran sungai dengan pakan. Pakan itu berasal dari plankton dan berada di aliran sungai.

Sedangkan Kelompok mustahik binaan ZCD akan membantu menyediakan bambu dan waring dalam pembuatan tanggul penghalang ikan. Kolam pemancingan berukuran 30 x 250 meter ini nantinya dikelola tim yang dibentuk oleh kelompok mustahik ZCD sebagai hasil tambahan bagi mustahik.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pertumbuhan ekosistem mangrove dalam mencegah abrasi pantai serta membuka kreativitas wisata kelompok melalui pengembangan kolam pemancingan bandeng.

Desa Bedono telah menjadi salah satu wilayah pemberdayaan BAZNAS melalui Lembaga ZCD sejak tahun 2017. Lembaga ZCD hadir untuk memberdayakan mustahik di sana dengan mengangkat potensi lokal lewat budidaya kerang sebagai program unggulannya.

Seperti diketahui, Desa Bedono terdampak abrasi air laut yang hingga kini menyebabkan sebagian besar wilayahnya terendam air. Saat turun hujan lebat, air rob akan naik dan membuat daratan sekitar hingga rumah warga terendam.

Sumber: http://baznas.go.id/pendistribusian/ekonomi/zcd/1622-mustahik-binaan-baznas-bantu-polri-gelar-aksi-peduli-penghijauan-dan-penguatan-ekonomi-di-demak

Editor: Hamdani

LEAVE A REPLY