Masyarakat Tanjabtim Terima Bantuan Petrochina Jabung Rp 3,3 Miliar

0
142
Sumber: LKBN Antara

NEWSCOM.ID, TANJUG JABUNG TIMUR – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan PT. PetroChina International Jabung Ltd. telah menyerahkan bantuan fisik dan pemberdayaan masyarakat dalam program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Tahun Anggaran (TA) 2019 senilai Rp 3,3 miliar.

Bantuan itu diserahkan langsung oleh Vice President (VP / Wakil Presiden) Human Resources and Relations (HRR) Petrochina Indonesia Ltd, Dencio Renate Boele, dan Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel, Adianto Agus Handoyo, kepada Bupati Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), H. Romi Hariyanto, S.E., pada Selasa (3/3).

Seperti dikutip dari Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, penyerahan bantuan oleh SKK Migas Sumbagsel dan PT. PetroChina International Jabung Ltd. itu berlangsung di kantor sekretariat Kelompok Masyarakat Karya Muda di Desa Pandan Sejahtera, Kecamatan Gragai, Kabupaten Tanjabtim, Provinsi Jambi.

Lokasi ini dipilih karena merupakan Rumah Kompos yang menjadi binaan SKK Migas dan PT. PetroChina Indonesia Ltd. Apalagi PT. PetroChina International Jabung Ltd. itu berlokasi di Geragai Camp Muarasabak.

Kegiatan lainnya juga mendapat fasilitas dana tanggung jawab sosial itu. Antara lain rumah budidaya, perpustakaan desa di Desa Pandan Lagan dan Simpang Tuan, pelatihan, serta sejumlah bangunan fisik lainnya.

“Sebagai perusahaan yang diikat kontrak kerja, setiap tahunnya kami akan ikut dalam berbagai program kegiatan pembanguan di wilayah operasional, termasuk di Tanjabtim,” tutur VP HRR (Sumber Daya Manusia dan Relasi) PT. PetroChina International Jabung Ltd, Dencio Renato Boele.

Program tanggung jawab sosial dari SKK MIgas dan PT. Petrochina Internasional Jabung Ltd. ini, lanjutnya, akan dilakukan sinergi dengan program-program dari Pemerintah Daerah (Pemda) setempat. “Bantuan itu dalam bentuk fisik, pendidikan, dan pemberdayaan masyarakat,” imbuh Dencio pada Selasa (3/3).

Menurutnya, program tanggung jawab sosial ini juga disesuaikan dengan kebutuhan kelompok masyarakat. Tujuannya diarahkan untuk mendorong gairah dan pertumbuhan ekonomi sehingga pada saatnya dapat meningkatkan pemberdayaan warga.

“Selain bantuan anggaran, juga dilakukan pendampingan dan fasilitasi pembinaan terhadap pembinaan kelompok masyarakat, seperti salah satunya Karya Muda di sini,” tutur Dencio.

Dalam sambutannya Bupati Tanjabtim, H. Romi Hariyanto, S.E., menyampaikan apresiasi positif kepada SKK Migas dan PT PetroChina International Jabung Ltd. Keduanya memiliki andil dalam pembinaan dan pendampingan terhadap masyarakat daerah melalui program tanggung jawab sosial.

Dalam prosesi penyerahan bantuan ini, Bupati Tanjabtim didampingi oleh Wakil Bupati (Wabup) Tanjabtim, H. Roby Nahliansyah.

“Dalam beberapa program tanggung jawab sosial perusahaan, energi itu cukup berhasil dan menjadi penggerak kelompok warga. Semoga program ini ke depan dapat memunculkan variasi program yang bisa lebih menantang dan lebih efektif,” paparnya.

Bupati Romi Hariyanto pun mengungkapkan rasa terima kasih kepada SKK Migas dan PT. PetroChina International Jabung Ltd. atas partisipasinya dalam proses pembangunan di Tanjabtim.

“Terima kasih SKK Migas dan PetroChina yang telah berpartisipasi, mudah-mudahan tahun depan lebih meningkat lagi dengan variasi program yang lebih efektif dan meningkatkan gairah perekonomian warga Tanjabtim,” ucapnya.

Bupati Romi Hariyanto, S.E., pun menyerahkan pola tanggung jawab sosial perusahaan-perusahaan di daerah itu melalui kontrak bersama dalam program pembangunan fisik di Kabupaten Tanjabtim, Jambi.

“Ke depan, kami berharap ada kontrak kerja bersama untuk program tanggung jawab sosial ini, salah satunya dalam pembangunan jalan. Kami minta untuk PetroChina bisa berperan dalam pembangunan jalan Geragai-Mendahara Hilir dengan beton rigid,” ungkap Bupati Romi Hariyanto.

Adapun Kepala Perwakilan SKK MIgas Region Sumbagsel, Adianto Agus Handoyo, menyatakan bahwa penyaluran bantuan tanggung jawab sosial itu meruakan wujud nyata kepedulian perusahaan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Bantuan dana bergulir dalam tanggung jawab sosial SKK Migas Region Sumbagsel ini menjadi wujud nyata kepedulian perusahaan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Tanjabtim,” ucapnya.

Sumber: LKBN Antara

Editor: Hamdani

LEAVE A REPLY