Wapres Ma’ruf Terima Parasamya Anugraha Dharma Krida Upa Baksana

0
111
Sumber: LKBN Antara

NEWSCOM, SURAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma’ruf Amin telah menerima Universitas Sebelas Maret (UNS) Award 2020 pada Rabu (11/3) di Auditorium UNS, Kota Surakarta. Tepatnya UNS Award 2020 dalam kategori Parasamya Anugraha Dharma Krida Upa Baksana.

Seperti dilansir dari Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Wapres KH. Ma’ruf Amin menerima penghargaan tertinggi dari UNS itu dalam Sidang Senat Terbuka Dies Natalis Ke-44 UNS Surakarta. UNS Award 2020 itu diserahkan langsung oleh Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho S.H., M.Hum., kepada Wapres KH. Ma’ruf Amin.

Menurut Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho, UNS merasa mendapat kehormatan tinggi atas kehadiran Wapres di Kampus UNS Surakarta ini. Khususnya dalam acara Dies Natalis Ke-44 UNS Surakarta.

“Penghargaan tertinggi UNS Award 2020 diserahkan kepada Wapres KH. Ma’ruf Amin atas kepakaran dan karya besar beliau dalam memelopori pengembangan ekonomi syariah di Indonesia,” tutur Prof. Jamal Wiwoho pada Rabu (11/3).

Kami, lanjutnya, telah mempelajari rekam jejak kepakaran beliau (Wapres) di bidang ekonomi Syariah, sebagai hasil dari perpaduan pemikiran khas pesantren, dan tantangan kehidupan ekonomi modern.

“UNS pun memandang bahwa Wapres KH. Ma’ruf Amin telah mempraktikan solusi hukum Islam sebagai pendorong arus baru ekonomi syariah di Indonesia, untuk memecahkan permasalahan ekonomi dan keuangan syariah,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Wapres RI, KH. Ma’ruf Amin, mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh jajaran UNS yang sedang merayakan Dies Natalis ke-44 UNS 2020. Hal ini harus dimaknai sebagai upaya refleksi (cerminan diri) atas apa yang telah dicapai dan apa menjadi tujuan UNS ke depan.

“Saya mengharap dengan Dies Natalis ke-44 ini, UNS terus tetap tampil menjadi perguruan tinggi yang besar, berkualitas, mandiri dan memiliki integritas,” tutur Wapres Ma’ruf.

Wapres juga berharap agar UNS mengutamakan pendidikan karakter. Pendidikan karakter dibangun dari tiga unsur, yakni pemahaman, penghayatan, dan pengamalan atas nilai dan karakter itu.

“Pendidikan karakter ini sejalan dengan pemikiran pemerintah tentang pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) umum. Saat ini, pembangunan SDM menjadi prioritas pembangunan nasional,” ungkapnya

SDM unggul, lanjutnya, adalah SDM yang sehat, cerdas memiliki produktivitas tinggi, memiliki semangat berkompetisi, berakhlak mulia dan bermanfaat. “Semoga UNS dapat ikut menjadi agen penting dalam menciptakan SDM unggul,” harapnya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Rektor UNS Surakarta bersama jajarannya yang telah memberikan penghargaan tertinggi, yakni “Pararamya Anugraha Dharma Krida Upa Baksana,” kepada saya,” kata Wapres.

Menurutnya, penghargaan UNS Award 2020 ini diberikan sebagai upaya mewujudkan pelopor kemasyarakatan, pembangunan ekonomi, dan keuangan syariah.

Wapres KH. Ma’ruf Amin pun mengajak UNS untuk berkiprah dalam pengembangan ekonomi nasional, khususnya ekonomi syariah yang masih membutuhkan perjalanan panjang. “Kita harus menjadikan ekonomi syariah sebagai sumber kebaikan,” imbau Wapres KH. Ma’ruf Amin.

“Saya tidak pernah membayangkan diberikan penghargaan seperti ini, dan dinilai terlalu tinggi buat saya. Saya ini, hanya bagian kecil dari sebuah bisnis besar yang mendorong ekonomi syariah itu,” ungkapnya.

Dalam acara penganugerahan penghargaan ini, turut hadir Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Letnan Jenderal (Letjen) Tentara Nasional Indonesia (TNI). Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad., dan Ketua Dewan Komisioner (DK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI, Prof. Wimboh Santoso, S.E., M.Sc., Ph.D.

Hadir pula Wakil Gubernur (Wagub) Jateng, H. Taj Yasin Maimoen, serta ratusan alumni dan sivitas akademika UNS dalam acara ini.

Sumber: LKBN Antara

Editor: Hamdani

LEAVE A REPLY