PSBB, Pemkab Bekasi Akan Menyalurkan 152.000 Paket Bansos

0
100
Sumber: LKBN Antara

NEWSCOM.ID, KABUPATEN BEKASI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Jawa Barat (Jabar), telah menyalurkan sebanyak 152.000 paket bantuan sosial (bansos) kepada warga terdampak pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) di wilayahnya.

Seperti dikutip dari Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, H. Abdillah Majid, S.H., M.M., mengonfirmasi hal itu pada Selasa (21/4) di Cikarang, Kabupaten Bekasi.

“Paket bantuan yang bersumber dari pemerintah daerah itu seluruhnya ditempatkan di Markas Komando Distrik Militer (Kodim) 0509, Kabupaten Bekasi, untuk memudahkan pendistribusian,” tutur Abdillah Majid.

Menurutnya, penyaluran paket bansos bagi warga terdampak pandemi COVID-19 itu direncanakan secara berkala kepada warga mulai hari ini, Selasa (21/3).

“Pendistribusian pertama sebanyak 5.000 paket dari total 152.000 paket bantuan logistik yang akan didistribusikan ke setiap kecamatan,” ujarnya.

Pembagian paket bantuan yang dilakukan secara bertahap itu, lanjutnya, mengingat proses pengemasan yang juga sedang dikerjakan.

“Sambil kita mengemas paketannya. Kita masih terus mengupayakan selesai semua dalam waktu dekat karena ada sedikit kendala dengan pengiriman tiap jenis barang yang tidak sama sampainya,” ungkap H. Abdillah Majid.

Abdillah pun menyatakan bahwa paket bantuan pemerintah daerah ini akan diberikan kepada warga Kabupaten Bekasi yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi COVID-19, khususnya para pekerja informal.

“Jenis bantuan dari Pemkab Bekasi ini akan dialokasikan kepada para pekerja informal seperti pemulung, ojek online (daring) dan pangkalan, kuli bangunan, pemilik toko kelontong dan pekerja informal sejenis,” ucapnya.

Proses pendistribusian bansos itu, jelasnya, dilakukan oleh pihak kecamatan setelah mereka mengambil langsung ke posko singgah bantuan di Kodim 0509. Selanjutnya, pihak kecamatan meneruskan penyaluran bantuan ke setiap desa dengan bantuan petugas kepolisian dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) setempat.

Abdillah juga berharap agar bansos ini dapat dimanfaatkan secara optimal oleh warga yang kini tengah menjalani masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). “Tujuannya agar mampu memutus rantai penyebaran wabah COVID-19,” imbuhnya.

“Ini merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah daerah kepada warganya selama penerapan PSBB kali ini. Semoga pandemi ini segera berakhir dan seluruh warga Kabupaten Bekasi selalu diberikan kesehatan dan kekuatan dalam menghadapi musibah ini,” jelasnya.

Sumber: LKBN Antara

Editor: Hamdani

LEAVE A REPLY