PSBB, Kemensos RI Menyalurkan 4.000 Paket Sembako di Tangsel

0
109
Sumber: LKBN Antara

NEWSCOM.ID, TANGERANG SELATAN – Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indoensia (RI) telah menyalurkan 4.000 paket sembilan bahan pokok (sembako) dalam rangka penanganan dampak Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) kepada masyarakat di Kelurahan Jombang, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

Seperti dikutip dari Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Indoensia Maju (KIM), Grace Claudia Peter Batubara, mengonfirmasi hal itu pada Kamis (16/4), dalam keterangan pers-nya.

“Paket sembako yang diberikan berupa 2.000 paket sembako dan 2.000 nasi kotak. Adapun pemilihan lokasi di Kelurahan Jombang, Kecamatan Ciputat, Kota TAngerang Selatan (Tangsel), karena wilayah ini merupakan peringkat kedua zona merah dalam penyebaran wabah COVID-19,” tuturnya.

Menurutnya, kehadiran OASE KIM di tengah masyarakat adalah upaya memperkuat dan memastikan bahwa negara hadir. OASE KIM juga telah terjun selama dua pekan ini ke beberapa wilayah di Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta. “Khususnya dalam menyalurkan bantuan makanan siap saji kepada masyarakat,” imbuh Grace.

“Bansos Sembako ini dikelola oleh Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) – Kemensos RI dengan cara mengaktifkan dapur umum yang menempati Posko Bantuan Sosial (Bansos) di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta,” papar Grace yang juga istri dari Mensos RI, Juliari Peter Batubara, M.Si.

Dapur umum di TMPNU Kalibata ini, lanjutnya, didukung oleh 150 personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan menghasilkan 6.000 porsi makanan siap saji serta  telah mendistribuskian 6.000 paket sembako kepada warga.

“Posko yang mulai beroperasi 7 April lalu itu akan menyalurkan 300.000 paket Bansos Sembako kepada masyarakat,” ungkap Grace.

Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 9 Tahun 2020, tanggal 10 Maret 2020, Tentang Perubahan Atas Keppres Nomor 7 Tahun 2020 Tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID 19 mengatur tentang peran Kemensos RI.

Dalam Keppres ini, Kemensos RI berperan sebagai anggota pelaksana unsur Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI dalam gugus tugas yang telah ditetapkan tersebut.

Maka bantuan khusus berupa paket sembako, untuk warga DKI Jakarta dan daerah penyangganya, merupakan salah satu implementasi dari ketentuan Keppres tersebut.

Hal ini merupakan bagian dari dukungan Kemensos terhadap rencana operasional percepatan penanganan COVID-19 yang ditetapkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Nenek Amah, salah satu warga penerima bantuan, mengaku beterima kasih sebab paket sembako itu sangat membantu di saat kondisi seperti ini. “Terima kasih banget, paket sembako ini sangat membantu,” ungkapnya.

Sumber: LKBN Antara

Editor: Hamdani

LEAVE A REPLY