Pandemi COVID-19, Pertani Menyalurkan Paket Sembako Presiden di Jakpus

0
96
Sumber: LKBN Antara

NEWSCOM.ID, JAKARTA – PT. Pertani (Persero) telah menyalurkan paket sembilan bahan pokok (sembako) dari Presiden Republik Indonesia (RI), Ir. H. Joko Widodo, untuk warga di Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus), Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta, pada Ahad (26/4).

Seperti dikutip dari Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Direktur Utama (Dirut). PT. Pertani (Persero), Ir. Maryono, S.T., M.M., mengonfirmasi hal itu pada Ahad (26/4), dalam siaran pers-nya.

“Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang fokus pada ketahanan pangan nasional, kami turut serta menyalurkan sembako sejak Ahad (20/4) secara bertahap,” tutur Dirut. PT Pertani (Persero), Maryono, pada Ahad (26/4), dalam siaran pers-nya.

Menurutnya, Kementerian Sosial (Kemensos) RI telah menugaskan PT. Pertani untuk mempersiapkan dan menyalurkan paket bantuan sosial (bansos) di wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat.

“Tugas ini diberikan oleh Kemensos RI kepada PT. Pertani melalui Sekretaris Direktorat Jenderal (Setdirjen) Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Kemensos RI, Dr. Mokhamad O. Royani, M.Si.,” jelasnya.

PT. Pertani (Persero) pun telah menunjukkan kesiapan dan kemampuan produksinya secara langsung kepada Menteri Sosial (Mensos) RI, Juliari Peter Batubara, M.B.A., saat Mensos berkunjung ke Gudang PT Pertani di Desa Balonggandu pada Rabu (22/4).

Target bantuan ini, lanjutnya, ialah masyarakat menengah ke bawah sesuai dengan data Kemensos RI. Setiap paket yang diberikan terdiri dari beras, minyak goreng, mi instan, kornet, sarden, kecap, sambal, sabun, teh celup dan susu Ultra High Temperature (UHT).

Sementara Direktur Operasional PT. Pertani (Persero), Ir. H. Lalan Sukmaya, menyatakan bahwa PT Pertani berpengalaman dalam melaksanakan program-program bantuan serupa untuk Pemerintah Provinsi dan program Corporate Social Responsibility (CSR) BUMN.

“Besar harapan paket bantuan sosial ini dapat tersalur ke masyarakat secara cepat,” tutur Direktur Operasional PT. Pertani, Ir. H. Lalan Sukmaya.

Presiden Joko Widodo telah memberikan paket sembako bagi warga di kawasan Jabodetabek yang menjadi wilayah pandemi virus corona jenis baru 2019 atau Corona Virus Desease 2019 (COVID-19).

Kawasan Jabodetabek terdiri dari Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta, Kota dan Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota dan Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, serta Kota dan Kabupaten Bekasi.

Bantuan sembako berasal dari pemerintah melalui Kemensos RI, untuk warga di Provinsi DKI Jakarta dipersiapkan sekitar 2,6 juta jiwa atau 1,2 juta Kepala Keluarga (KK) selama 3 bulan. Sedangkan untuk warga kawasan Bodetabek, bantuan sembako dipersiapkan bagi sebanyak 1,6 juta jiwa atau 576 ribu KK.

Bantuan ini juga bertujuan untuk mencegah masyarakat di kawasan Jabodetabek mudik ke kampung halaman, dalam rangka memutus penularan pandemi COVID-19.

Sumber: LKBN Antara

Editor: Hamdani

LEAVE A REPLY