CSPS SKSG UI Menyiapkan ‘Policy Brief’ Isu-Isu Strategis

0
323
Sumber: UKK CSPS CSGS SKSG UI

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Center For Strategic Policy Studies (CSPS) – Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI) hadir untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat, bangsa dan negara dengan analisa stratejik dalam bentuk kajian dan rekomendasi terhadap kebijakan negara dari berbagai aspek.

“Analisas stratejik dalam bentuk kajian dan rekomendasi terhadap kebijakan negara itu meliputi berbagai aspek seperti ekonomi, sosial, budaya, politik, kesehatan, dan ketahanan nasional,” tutur Ketua CSPS SKSG UI, Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si., pada Senin (11/5), dalam keterangan tertulisnya kepada NEWSCOM.ID.

Menurutnya, di tengah era disrupsi saat ini, banyak dinamika peristiwa yang menuntut kebijakan publik untuk beradaptasi dengan situasi, kondisi, dan kebutuhan terkini.

“CSPS SKSG UI akan melakukan analisis dan kajian yang antara lain disajikan dalam bentuk rekomendasi kebijakan dan Policy Brief,” papar Guntur yang juga Asisten Staf Khusus Wakil Presiden (Wapres) Rpeublik Indonesia (RI) itu.

Analisis dan kajian itu, lanjutnya, akan dilakukan secara lebih komprehensif dengan pendekatan interdisiplin dan multidisiplin, sebagaimana karakter SKSG UI.

“CSPS SKSG UI juga didukung oleh tim yang terdiri praktisi dan peneliti yang mumpuni. Harapannya, CSPS UI dapat berperan strategis dan menyumbangkan pemikiran konstruktif dalam pembangunan nasional dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Sebelumnya Direktur SKSG UI, Athor Subroto, S.E., M.M., M.Sc., Ph.D., telah mengesahkan CSPS pada Senin (13/4), sebagai Unit Kegiatan Khusus (UKK) Center for Strategic and Global Studies (CSGS) SKSG UI.

Pembentukan CSPS sebagai UKK tertuang dalam Keputusan Direktur SKSG UI Nomor: 0319/SK/ F13.D2/UI/2020 Tentang Pengangkatan Ketua CSPS UKK CSGS SKSG UI. Adapun Ketua CSPS SKSG UI ialah Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si., dengan masa tugas 2 tahun dan dapat diperpanjang selama satu periode berikutnya.

Selain itu Direktur SKSG UI, Athor Subroto, Ph.D., juga mengesahkan Struktur Organisasi CSPS sebagai UKK CSGS SKSG UI pada Senin (20/4). Hal ini tertuang dalam Keputusan Direktur SKSG UI Nomor: 0322/SK/F.13D2/UI/2020 Tentang Struktur Organisasi CSPS UKK CSGS SKSG UI.

Dalam Lampiran I SK Nomor 0322/SK/F.132/UI/2020 ini, tertulis pula struktur organisasi UKK CSPS CSGS SKSG UI. Struktur organisasi itu terdiri dari Penasihat: Dr. Muhammad Luthfi Zuhdi, M.A., dan Dr. Abdul Muta’ali, M.A., M.I.P., Pengawas: Direktur SKSG UI, Athor Subroto, Ph.D.

Adapun Pengarah CSPS SKSG UI ialah: Kepala CSGS SKSG UI, Athor Subroto, Ph.D., serta Koordinator Bersama UKK Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (PPM) UI.

Berikut ini adalah susunan lengkap Struktur Organisasi CSPS sebagai UKK CSGS SKSG UI, yakni Ketua: Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si., Sekretaris : Yanuardi Syukur, M.Si.,
Bendahara: Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si., dan Ketua Bidang Kemitraan Strategis: Rina Sa’adah, Lc, M.Si.

Selanjutnya sebagai Ketua Bidang Penelitian dan Pendidikan: Dr. Nyoman Astawa, M.Si., Ketua Bidang Analisa dan Kajian Kebijakan: Marlon S. C. Kansil., S.Pi., M.Si., Ketua Bidang Teknologi Informasi: Ir. Ajeng Pramastuty, S.T., M.Si., dan Ketua Bidang Pelayanan Masyarakat : Nuning Lestin Bintari, S.Farm., M.Si., Apt.

Sedangkan Ketua Bidang Hukum dan Advokasi: Khaerul Ardhian Syaekh, S.H., M.Si., dan
Ketua Bidang Pemberdayaan Masyarakat: Andie Hevriansyah, A.M.K., S.Sos., S.H., M.Si.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

Bendahara UKK CSPS CSGS SKSG UI

Redaktur NEWSCOM.ID

LEAVE A REPLY