Pandemi COVID-19, 5.968 KK di Padang Dapat Bantuan Beras

0
101
Sumber: LKBN Antara

NEWSCOM.ID, PADANG – Sebanyak 5.968 Kepala Keluarga (KK) di Kota Padang yang terdampak pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) akan menerima bantuan beras seberat 10 Kilogram dari tujuh Lembaga Amil Zakat (LAZ). Pembagian bantuan beras itu dimulai pada Senin (4/5).

Seperti dikutip dari Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Wali Kota Padang, H. Mahyeldi Ansharullah, S.P., mengonfirmasi hal itu pada Ahad (3/5) malam. Menurutnya, penyaluran bantuan beras yang dihimpun oleh tujuh LAZ itu merupakan gagasan bersama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Padang yang akan disalurkan di 104 kelurahan.

“LAZ yang turut terlibat itu mulai dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Padang, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Barat (Sumbar), Unit Pengelola Zakat (UPZ) Semen Padang, Human Initiative, Dompet Dhuafa Singgalang, Yayasan Kesejahteraan Madani (Yakesma), dan Risalah Charity,” tutur Wali Kota Mahyeldi Ansharullah.

Bantuan bagi 5.968 KK itu, lanjutnya, berdasarkan data dari Dinas Sosial (Dinsos) Pemkot Padang. Targetnya, bantuan ini akan terus dihimpun dari donatur agar bantuan bagi masyarakat terus meningkat.

Wali Kota Mahyeldi pun merinci bantuan yang terhimpun itu, yakni dari BAZNAS Kota Padang untuk 4.375 KK, ACT untuk 963 KK, UPZ Semen Padang untuk 206 KK, Risalah Charity untuk 124 KK, Dompet Dhuafa untuk 100 KK, Yakesma untuk 100 KK, dan Humas Initiative untuk 100 KK.

“Sebetulnya, Pemkot Padang telah menjalin kerja sama dengan 10 LAZ di Kota Padang Padang. Tiga sisanya ialah LAZ Al Azhar, Rumah Zakat dan Mitra Umat Madani yang telah menyalurkan bantuan lebih dahulu,” ungkapnya.

Wali Kota Mahyeldi menjabarkan bahwa dari 5.968 KK tersebut, telah disalurkan untuk Kecamatan Bungus sejumlah 401 KK, Koto Tangah sejumlah 1.085 KK, Kuranji sejumlah 788 KK, Nanggalo sejumlah 194 KK, Padang Barat sejumlah 212 KK, Pauh sejumlah 292 KK, Lubuk Begalung sejumlah 1.623 KK, dan Padang Selatan sejumlah 204 KK.

“Tiga kecamatan lainnya ialah penyhelauran bantuan beras untuk Kecamatan Padang Timur sejumlah 490 KK, Padang Utara sejumlah 173 KK, dan Lubuk Kilangan sejumlah 206 KK,” paparnya.

Selain itu, lanjutnya, juga ada bantuan beras dari pegawai Dinas Kebersihan/ Dinas Lingkungan Hidup Pemkot Padang untuk 300 KK.

“Untuk mendistribusikan dan menyerahkan beras, para lembaga donatur dapat langsung berkoordinasi dengan camat, lurah, Rukun Warga (RW), dan Rukun Tetangga (RT) di masing-masing lokasi,” ungkapnya.

Kepada masyarakat yang menerima paket bantuan, harapnya, agar tetap berada di rumah karena bantuan akan diantarkan secara langsung ke rumah warga yang terdampak.

Menurutnya, Pemkot Padang bersama 10 LAZ di Kota Padang menargetkan untuk menghimpun dan membagikan 20.000 paket bantuan sosial berupa sembilan bahan pokok (sembako) kepada waga terdampak pandemi COVID-19.

“Untuk tahap awal, sebanyak 5.968 KK akan kita salurkan paket bantuan. Dengan adanya bantuan ini mudah-mudahan dapat memberi dan membantu masyarakat Kota Padang,” kata Wali Kota Mahyeldi.

Sumber: LKBN Antara

Editor: Hamdani

LEAVE A REPLY