Video: Pandemi COVID-19, Wapres: ‘Mari Beribadah dari Rumah’

0
125

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma’ruf Amin, mengajak dan mengingatkan umat Islam di Indonesia, khususnya di zona merah atau yang sedang memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), untuk berkerja dari rumah dan beribadah di rumah.

Seperti dikutip dari laman https://www.youtube.com/watch?v=8KIf-ZRkFpg / Sekretariat Wapres (Setwapres) RI, KH. Ma’ruf Amin menyatakan hal itu pada Senin (18/5), saat menyampaikan Taushiyah Ramadhan melalui video konferensi dari kediaman dinas Wapres RI, Jalan Diponegoro Nomor 2, Kota Administrasi Jakarta Pusat.

“Kita berada dalam situasi yang memprihatinkan dengan adanya COVID-19, adanya (virus) corona, musibah yang menimpa bangsa dan negara kita. Karena itu, dalam suasana seperti ini, kita tidak boleh kehilangan semangat beribadah,” tutur Wapres KH. Ma’ruf Amin.

Tetapi, lanjutnya, ibadah yang kita lakukan seharusnya dilakukan di rumah, tidak boleh dilakukan di masjid secara berjama’ah, terutama di daerah yang (zona) merah.

Menurutnya, sholat berjama’ah itu pahalanya banyak, apalagi di masjid. Namun di sana ada bahaya, dharar, yang nanti akan menimbulkan kerusakan, mafsadat. “Nabi Muhammad Shallallahu A’laihi Wa Sallam (SAW) bersabda, La Dharara wa la Dhirara, tidak boleh menyakiti diri sendiri dan tidak boleh menyakiti orang lain,” imbuhnya.

Padahal, ucapnya, melalui kumul-kumpul, termasuk kta berjama’ah, mengadakan tadarus atau i’tikaf di masjid, sangat berpotensi untuk terjadinya penularan itu. “Bisa kita yang ditularkan, bisa kita yang menularkan kalau kita yang membawa penyakit,” paparnya.

Jadi, lanjutnya, penularan atau menimbulkan bahaya dengan berkumpul itu sangat potensial, sudah diduga kuat akan memberikan bahaya kepada diri kita snediri atau kita kepada orang lain. “Itu yang dilarang oleh Rasulullah SAW. Menghindari terjadinya bahaya itu adalah wajib.,” ucapnya.

“Menghilangkan mafsadat (bahaya) harus didahulukan daripada mengambil maslahat atau mengambil manfaat. Oleh sebab itu, marilah kita lakukan ibadah itu di rumah dan sesuai dengan anjuran pemerintah, sekarang ini kita bekerja di rumah, belajar di rumah, dan beribadah dari rumah,” jelasnya.

Berikut ini adalah video ‘Taushiyah Ramadhan’ oleh Wapres KH. Ma’ruf Amin, seperti dikutip dari laman https://www.youtube.com/watch?v=I0LqfG69t6s / Setwapres RI. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY