Video: Wapres: Hindari Bahaya COVID-19, Sholat Idul Fithri di Rumah

0
205

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma’ruf Amin, mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fithri, 1 Syawal 1441 Hijriah, pada Kamis (21/5).

Tepatnya saat menyampaikan Taushiyah Ramadhan melalui video konferensi dari Kantor Wapres RI, Kota Administrasi Jakarta Pusat, seperti dilansir dari laman https://www. youtube.com/watch?v=YO57ZNBSMcc/ Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) RI.

Selain itu, Wapres KH. Ma’ruf Amin juga menyampaikan amanat penting kepada segenap umat Islam di seluruh Indonesia. Amanat itu terkait erat dengan pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19). Pertama, pemerintah meminta agar masyarakat dalam merayakan Idul Fithri dilakukan di rumah, tidak di masjid atau pun di lapangan terbuka.

“Karena situasi, keadaan negara kita masih menghadapi bahaya COVID-19. Oleh karena itu, masih perlu adanya mencegah berkumpulnya massa yang banyak untuk mencegah penularan COVID-19,” tutur Wapres KH. Ma’ruf Amin.

Panduan shalat Id di rumah

Menurutnya, situasi pandmei COVID-19 di Indonesia masih belum aman. Agama juga mengajarkan kita untuk menjaga kehidupan kita dari kemungkinan tertimpa bahaya.

“Agama Islam mengajarkan untuk senantiasa membangun kemaslahatan, untuk memperbesar kemaslahatan, dan juga menghilangkan kemudharatan, kedaruratan, kerusakan, atau memperkecil kerusakan dan kemudharatan,” paparnya.

Dalam melaksanakan ajaran agama, lanjutnya, kita senantiasa menyesuaikan dengan keadaan. Tahun ini (2020), hari raya kita masih dalam suasana kedaruratan, kebahayaan, tahun kebahayaan.

“Andai kata kita memaksakan untuk mengadakan di masjid atau di lapangan, kemudian terjadi penularan-penularan, itu berarti tidak sesuai dengan prinsip ajaran agama yang seharusnya memperkecil bahaya, tetapi justru memperbesar bahaya itu,” jelasnya.

Pemerintah, ungkapnya, juga memohon maaf karena memang bahaya belum hilang, bahaya corona (COVID-19) ini belum hilang. “Untuk menghilangkan ini bukan sesuatu yang mudah, karena Indonesia ini memiliki jumlah penduduk yang besar dibanding negara-negara ASEAN (Asia Tenggara) lainnya,” ucap Wapres KH. Ma’ruf Amin.

Wapres KH. Ma’ruf Amin pun menyadari bahwa pandemi COVID-19 ini bukan hal yang mudah dan virusnya sulit dihadapi. “Apalagi wilayah Indonesia juga sangat luas, terbentang dari Sabang sampai Merauke, ini menjadi kesulitan tersendiri,” katanya.

Berikut ini adalah video Taushiyah Ramadhan oleh Wapres KH. Ma’ruf Amin, seperti dilansir dari laman https://www.youtube.com/watch?v=YO57ZNBSMcc / Setwapres RI. Selamat mengikuti, semoga bermanfaat.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY