Idul Fithri, Taliban Mengumumkan Gencatan Senjata Tiga Hari

0
103
Sumber: LKBN Antara

NEWSCOM.ID, KABUL – Gerakan Taliban telah mengumumkan Gencatan Senjata Idul Fithri selama tiga hari sejak Ahad (24/5). Informasi ini diumumkan oleh salah seorang Juru Bicara Taliban dalam sebuah cuitan di media sosial Twitter pada Sabtu (23/5).

Seperti dikutip Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara dari Reuters, Gerakan Taliban yang dianggap sebagai kelompok garis keras itu menempuh langkah gencatan senjata saat pertempuran telah meningkat di antara pihak-pihak yang bertikai, di tengah berlangsungnya pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19).

“Jangan melakukan operasi serangan terhadap musuh di mana pun, jika ada tindakan yang dilakukan terhadap Anda oleh musuh, bela diri Anda. Gencatan senjata ini semata-mata untuk memperingati perayaan Idul Fithri,” cuit juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid pada Sabtu (23/5).

Namun Pemerintah Afghanistan belum mengindikasikan apakah juga akan melakukan gencatan senjata atau tidak. Penyebabnya, pada April 2020, Taliban menolak seruan pemerintah untuk melakukan gencatan senjata di Afghanistan selama bulan suci Ramadhan 1441 Hijriah.

Saat itu, April 2020, Taliban menyatakan bahwa gencatan senjata menjadi ‘tidak rasional’ ketika pihaknya sedang meningkatkan serangan terhadap pasukan Afghanistan.

“Sedikitnya 146 warga sipil tewas dan 430 lainnya luka-luka oleh Taliban selama bulan Ramadhan,” ujar juru bicara kantor intelijen dan keamanan utama pemeirntah Afghanistan pada Sabtu (23/5) di Kabul, ibu kota Afghanistan.

Sumber: Reuters / LKBN Antara

Editor: Hamdani

LEAVE A REPLY