Pemerintah Bentuk PMO untuk Menjalankan ‘Food Estate’ di Kalteng

0
119
Menteri Pertanian (Mentan) RI, Dr. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.H., dan Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran, saat acara Gerakan Tanam Padi Serentak di Desa Blanti Siam, Kecamtan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, pada Jumat (15/5). Sumber: https://www.antaranews.com/

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Pemerintah Republik Indonesia (RI) akan membentuk sebuah Project Management Office (PMO) untuk menjalankan program Food Estate atau Lumbung Pangan di Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Tujuannya agar program Food Estate ini dapat berjalan secara berkelanjutan.

Seperti dikutip dari laman https://www.antaranews.com/, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) / Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) RI, Dr. Sofyan Abdul Djalil, S.H., M.A., M.A.L.D., menyatakan hal itu pada Senin (1/6) di Jakarta, dalam Video Konferensi Rapat Terbatas (Ratas) Kabinet Indonesia Maju.

“Saya kira program ini bisa berjalan, namun untuk mengatasi kendala kita perlu mebentu PMO. Harapannya, dengan adanya PMO ini, tidak ada proyek gagal dan ada signature dari Pak Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian,” tutur Menteri ATR RI, Dr. Sofyan A. Djalil pada Senin (1/6).

Selain itu, lanjutnya, Kementerian ATR RI juga perlu melakukan survei dan pemetaan di daerah yang akan menjadi Food Estate. Survei tersebut harus dilakukan bersama dan perlu melibatkan kementerian/ lembaga.

“Sedangkan untuk penentuan kawasan batas hutan, kami perlu didampingi untuk identifikasi batas tersebut,” paparnya.

Menteri ATR RI, Dr. Sofyan Abdul Djalil, juga menganggap pentingnya data-data pertanian di daerah Food Estate untuk diketahui secara detail. “Tujuannya agar Kementerian ATR dapat berkordinasi lebih baik dengan para pihak terkait,” imbuhnya.

“Jadi Badan Informasi Geospasial (BIG) serta Lembaga Antariksa dan Penerbangan NAsional (LAPAN) perlu menyediakan peta dasar terkait data-data pertanian di daerah Food Estate,” ungkapnya.

Dalam Konerensi Video Ratas KIM ini, turut hadir Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI, Erick Thohir B.A., M.B.A., Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) RI, Drs. H. Abdul Halim Iskandar, M.Pd., dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Dr. Ir. Siti NUrbaya Bakar, M.Sc.

Hadir pula Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Ir. H. Mochamad Basoeki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D., Gubenur Kalteng, H. Sugianto Sabran, dan Bupati Pulang Pisau, H. Edy Pratowo, S.Sos, M.M.

Video Konferensi Ratas KIM ini dipimpin oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian RI, Dr. Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A., M.M.T.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY