Wapres Ma’ruf: “UNUSA Harus Menerapkan Tiga Paradigma Agar Berkualitas Tinggi”

0
96
Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=XTCFwi-nM0I / Asisten Deputi Komunikasi dan Informasi Publik (KIP) Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) Republik Indonesia (RI).

NEWSCOM.ID, JAKARTA – NEWSCOM.ID, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma’ruf Amin, meminta jajaran Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) untuk meningkatkan kualitas dalam proses pengujian dan pembelajaran yang dilakukan secara daring.

“Jajaran UNUSA harus menerapkan paradigma Nahdlatul Ulama (NU), yakni memelihara hal lama yang baik dan menerima hal baru yang lebih baik. Jajaran UNUSA juga harus tetap meningkatkan kualitas dalam pengujian dan pembelajaran secara daring,” tutur Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin pada Selasa (21/7) melalui Video Konferensi.

Tepatnya saat Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin menjadi narasumber utama (keynote speaker) dan membuka acara Dies Natalis Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA)  dari Kediaman Resmi Wapres RI, Jalan Diponegoro Nomor 2, Kota Administrasi Jakarta Pusat, Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta.

Seperti dilansir dari laman http://www.wapresri.go.id/, Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin pun menjelaskan dua paradigma yang harus dijalankan oleh jajaran UNUSA.

“Paradigma pertama dimaknai sebagai memelihara nilai-nilai tradisi yang baik seperti akidah, sedangkan (paradigma) yang kedua dimaknai (sebagai) transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai penentu dan daya saing,” tuturnya.

Namun untuk menyesuaikan dengan kondisi saat ini, Wapres Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma’ruf Amin mencatat perlu ditambahkan satu paradigma lain, yaitu inovasi secara berkelanjutan (sustainable).

“Pradigma inovasi secara berkelanjutan ini sangat penting karena bangsa Indonesia tidak hanya melakukan transformasi saja, tetapi harus berkelanjutan. Diperlukan inovasi secara terus menerus agar Indonesia tidak hanya menjadi konsumen dari produk-produk bangsa lain,” ucap Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin.

Dalam acara yang mengangkat tema Berlari Menuju Universitas Terkemuka dan Unggul ini, Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin pun berharap agar kegiatan Dies Natalis ini dapat menjadi refleksi terhadap hal yang sudah dan belum dicapai oleh UNUSA.

“UNUSA harus dapat tumbuh menjadi perguruan tinggi yang berkualitas dan mampu menjalankan tri dharma perguruan tinggi, yakni pendidikan, penelitian dan ” pengabdian pada masyarakat,” harapnya.

Melalui Dies Natalis Ketujuh ini, ungkapnya, semoga UNUSA dapat tumbuh menjadi perguruan tinggi yang besar, berkualitas, mandiri, semakin dewasa dan mampu menjalankan peran tri dharma perguruan tinggi.

Editor: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY