Khutbah Idul Adha: “Allah Menguji Dengan Rasa Takut, Ujian dan Cobaan Kelaparan”

0
94
Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=Tr3Mx3zwEwg&t=4s / Asisten Deputi (Asdep) Komunikasi dan Informasi Publik (KIP) Sekretariat Waki Presiden (Setwapres) Republik Indonesia (RI).

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Allah Subhanahu Wa Ta’ala (SWT) berfirman bahwa setiap manusia pasti akan diuji dengan rasa takut seperti kelaparan. Ujian dan cobaan ini pasti akan dialami oleh setiap orang yang beriman kepada-Nya.

Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma’ruf Amin, menyatakan hal itu pada Jumat (31/7) pagi, saat menjadi Khatib Idul Adha dan memberikan Khutbah Idul Adha 1441 Hijriah di Kediaman Resmi Wapres RI, Jalan Diponegoro Nomor 2, Menteng, Kota Administrasi Jakarta Pusat.

“Allah menyatakan: “Pasti akan (Aku) uji kalian semua dengan suatu ketakutan, dengan rasa takut, dengan kelaparan”. Akan kita coba untuk menguji kesabaran. Karena dalam situasi biasa-biasa saja, tentu orang tidak pernah kelihatan,” tutur Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin pada Jumat (31/7) pagi.

Tapi, lanjutnya, sifat sabar itu akan kelihatan dan teruji kalau seorang manusia mengalami ujian atau cobaan. “Ketabahan-ketabahannya, kepanikannya, di situ akan terlihat,” ujar Prof. KH. Ma’ruf Amin yang juga Ketua Umum Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat itu.

Dalam memperingati Hari Idul Adha 1441 Hijriah ini, lanjutnya, Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu mengajak seluruh umat Islam untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala (SWT).

Lebih lanjut, Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin pun berharap agar setiap umat manusia meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Sang Pencipta sesuai dengan keyakinan agamanya masing-masing. “Semoga seluruh umat manusia dapat melewati cobaan yang sedang dialami ini dengan baik dan penuh ketabahan,” paparnya.

“Mudah-mudahan dengan Idul Kurban, (makna) cobaan-cobaan, pentingnya pengorbanan, dan kepatuhan kepada Allah ini menjadi pelajaran berharga buat kita, untuk dijadikan contoh bagi kita dalam mengarungi hidup ini. “Mudah-mudahan kita menjadi hamba yang patuh Kepada Allah SWT,” ucap Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin.

Editor: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY