Protokol COVID-19, Teknologi Finansial, dan Gerakan Teladan Berkurban Nasional

0
135
Ketua Umum Pimpinan Pusta (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), Dr. (H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla. Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=kXHKaajKLuU / Hubungan Masyarakat (Humas) Protokol Purbalingga.

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), Dr. (H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, menyambut positif langkah PT. Bukalapak.com bersama mitra-mitra strategisnya dalam Pencanangan Gerakan Teladan Berkurban Nasional pada Rabu (29/7) di tiga lokasi secara daring, melalui aplikasi zoom.

“Pelaksanaan ibadah Qurban penuh dengan dinamika, sekarang dipermudah lagi dengan teknologi. Saya mengapresiasi langkah Bukalapak, Bank Syariah Mandiri (BSM), Dompet Dhuafa dan mitra lainnya dalam Gerakan Teladan Berkurban Nasional ini,” tutur H. Jusuf Kalla pada Rabu (29/7) pagi, seperti dikutip dari laman https://www.purbalinggakab.go.id/.

Tepatnya, saat Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia ke-10 dan ke-12 itu menjadi narasumber utama (keynote speaker) dan memberikan arahan secara daring dari tempat tinggalnya di Jakarta.

Menurutnya, ibadah sosial di masa kini dapat dilakukan dengan menggunakan teknolologi seperti transfer melalui e-banking dan aplikasi e-commerce. “Jika zakat pun saat ini bisa melalui transfer, maka berkurban pun juga bisa. Saya apresiasi langkah itu,” imbuh H. Jusuf Kalla yang juga Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat itu.

Dalam hal ini, lanjutnya, ada dua hal yang harus diperhatikan. Pertama, kita tetap menjalankan perintah-perintah agama tentang berkurban. “Kedua, kita harus tetap memperhatikan kondisi riil dan ketaatan kepada aturan pemerintah dalam melaksanakan ibadah kurban,” ucap H. Muhammad Jusuf Kalla.

Kondisi riil ini terkait dengan protokol kesehatan untuk pencegahan pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) yang harus dipatuhi dan dilaksanakan dalam teknis pelaksanaan ibadah kurban.

Kegiatan ini berlangsung di tiga lokasi berbeda, dengan lokasi utama di kompleks peternakan kambing Ngudi Dadi Farm, Desa Kedarpan, Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah.

Selain itu, terdapat sembilan mitra strategis PT. Bukalapak.com dalam program ini, antara lain Program Domba Kambing Nasional (Prodombas) Pusat Inkubasi Bisnis Syariah (PINBAS) Majelis Ulama Indonesia (MUI), Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah (LAZIS) Nahdlatul Ulama (NU) / LAZISNU, dan LAZIS Muhammadiyah / LAZISMU.

Adapun enam mitra strategis lainnya ialah Dompet Dhuafa (DD), Qurban Nusantara, Rumah Yatim, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Rumah Zakat, dan Pusat Zakat Umat (PZU) Persatuan Islam (Persis). Kegiatan ini juga didukung oleh PT. BSM sebagai lembaga keuangan atau perbankan berbasis syariah.

Program Pencanangan Gerakan Teladan Berkurban Nasional ini diresmikan secara daring oleh Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia (RI), Jenderal Tentara Nasional Indonesia (TNI) (Purnawirawan/ Purn.) Fachrul Razi, S.I.P., S.H., M.H.

Editor: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY