Menag: “Ibadah Kurban, Refleksi Ketakwaan dan Kesalehan Sosial Seorang Muslim”

0
96
Sumber: https://ntt.kemenag.go.id/

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia (RI), Jenderal Tentara Nasional Indonesia (TNI) (Purnawirawan/ Purn.) Fachrul Razi, S.I.P., S.H., M.H., telah meresmikan Pencanangan Gerakan Teladan Berkurban NasionalĀ pada Rabu (29/7) secara daring dari Jakarta.

Seperti dikutip dari laman https://ntt.kemenag.go.id/, Menag Fachrul Razi menyatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Idul Adha 1441 Hijriah yang bertepatan pada Jumat (31/7).

“Saya menyambut baik dan mengapresiasi Pencanangan Gerakan Teladan Berkurban Nasional pada 2020 ini. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang agamis. Ibadah kurban sudah membumi sejak Islam hadir di nusantara ini,” tutur Menag Fachrul Razi pada Rabu (29/7) pagi.

Ibadah kurban, lanjutnya, merupakan sebuah refleksi dari ketakwaan dan kesolehan sosial seorang Muslim. Menag Fachrul Razi pun mengutip firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala (SWT) dalam Al-Qur’an, Surat Al-Hajj Ayat 37.

“Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamu-lah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untukmu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepadamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik, (QS. Al-Hajj: 37),” papar Menag Fachrul Razi.

Dalam acara ini, turut hadir secara daring Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), Dr. (H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla. Ia juga memberikan kata sambutan dalam kegiatan ini dari Jakarta. DMI menjadi salah satu pendukung dan penggagas acara ini.

Kegiatan ini digelar secara serentak di tiga lokasi, yakni di Kompleks Peternakan Kambing Ngudi Dadi Farm, Desa Kedarpan, Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), sebagai lokasi utama. Dua lokasi lainnya ialah di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur (Jatim), dan di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

DalamĀ Term of Reference (TOR) yang diberikan oleh Bukalapak kepada NEWSCOM.ID, Rabu (29/7), tertulis bahwa dalam acara ini, turut hadir secara daring Wakil Gubernur (Wagub) Jatim, Dr. H. Emil Elestianto Dardak, M.Sc., dan Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Dr. Ir. H. Muhammad Nurdin Abdullah, M.Agr.

Hadir pula Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi S.E., B.Econ., M.M., secara langsung di tempat acara. Ketiganya juga memberikan kata sambutan dalam acara ini. Selain itu, turut hadir dan memberikan kata sambutan Direktur Distribution & Sales PT. Bank Syariah Mandiri (BSM)., Drs. H. Anton Sukarna. BSM menjadi salah satu pendukung kegiatan ini.

Hal ini juga terlihat dari kehadiran Komisaris Independen PT. BSM, drg. Muhammad Arief Rosyid Hasan, M.K.M., di Kabupaten Purbalingga.

Editor: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY