Video: Pencanangan Gerakan Teladan Berkurban Nasional oleh Bupati Purbalingga

0
95

NEWSCOM.ID, PURBALINGGA – Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi S.E., B.Econ., M.M., secara simbolis telah menerima donasi berupa bantuan hewan kurban dari para muzakki kepada para mustahiq pada Rabu (29/7) pagi. Bantuan itu disalurkan oleh sejumlah lembaga filantropi Islam serta lembaga amil zakat, infak, dan sedekah (LAZIS).

Seperti dikutip dari laman https://www.youtube.com/watch?v=kXHKaajKLuU&t=127s / Hubungan Masyarakat (Humas) Protokol Purbalingga, tertulis bahwa Yayasan Dompet Dhuafa Republika (YDDR) telah menyalurkan bantuan hewan kurban sebanyak 66 ekor kambing kepada para mustahiq (penerima zakat) di Kabupaten Purbalingga.

Sedangkan Rumah Yatim (RY) menyalurkan bantuan hewan kurban sejumlah 50 ekor kambing dan enam ekor sapi kepada para mustahiq di Kabupaten Purbalingga. Adapun Qurban Nusantara (QN) menyalurkan bantuan hewan kurban sebanyak 50 ekor domba kepada para mustahiq di Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Selain itu, Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Bank Syariah Mandiri (BSM) menyalurkan bantuan hewan kurban sebanyak 30 ekor kambing kepada para mustahiq di Kabupaten Purbalingga.

Penyerahan bantuan secara simbolis ini mengambil momentum dalam acara  Pencanangan Gerakan Teladan Berkurban Nasional pada Rabu (29/7) pagi di kompleks peternakan kambing Ngudi Dadi Farm, Desa Kedarpan, Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah.

Program Pencanangan Gerakan Teladan Berkurban Nasional ini diresmikan secara daring oleh Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia (RI), Jenderal Tentara Nasional Indonesia (TNI) (Purnawirawan/ Purn.) Fachrul Razi, S.I.P., S.H., M.H.

Menag Fachrul Razi juga menjadi narasumber utama (keynote speaker) dan memaparkan materi secara daring, melalui aplikasi Zoom, pada Rabu (29/7) pagi.

Lalu Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, pun memukul bedug beberapa kali sebagai tanda peresmian acara di Kabupaten Purbalingga.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, mudah-mudahan Pencanangan Gerakan Teladan Berkurban Nasional ini bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat yang ada di Indonesia,” ujarnya sambil memukul bedug.

 

Dalam Term of Reference (TOR) acara yang diberikan oleh Bukalapak kepada NEWSCOM.ID, tertulis bahwa terdapat mitra-mitra strategis yang mendukung program aplikasi BukaQurban, antara lain Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah (LAZIS) Nahdlatul Ulama (NU) Care / LAZIS NU Care, LAZIS Muhammadiyah / LAZISMU.

Mitra-mitra strategis lainnya ialah Dompet Dhuafa (DD), Qurban Nusantara, Rumah Yatim, Program Domba Kambing Nasional (Prodombas) Pusat Inkubasi Bisnis Syariah (PINBAS) Majelis Ulama Indonesia (MUI), LAZIS Bank Syariah Mandiri, Rumah Zakat, dan Pusat Zakat Umat (PZU) Persatuan Islam (Persis).

Kegiatan ini juga didukung secara aktif oleh Dewan Masjid Indonesia (DMI). Hal ini terlihat dari kehadiran Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) DMI, Dr. (H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, M.B.A., secara daring untuk memberikan arahan dalam kegiatan ini.

Tepatnya saat H. Muhammad Jusuf Kalla menjadi narasumber dan memberikan arahan dalam Pencanangan Gerakan Teladan Berqurban Nasional. Acara ini dilaksanakan serentak di tiga tempat, yakni di Kandang Kambing Komunal Kelompok Tani Ngudi Dadi, Desa Kedarpan, Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah.

Dua lokasi lainnya ialah Rumah Dinas Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Sawerigading, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Provinsi Sulsel, dan Rumah Dinas Gubernur Jawa Timur (Jatim), Gedung Negara Grahadi, Kota Surabaya, Provinsi Jatim.

Berikut ini ialah video Gerakan Teladan Berkurban Nasional yang dicanangkan di Purbalingga, seperti dikutip dari laman https://www.youtube.com/watch?v=kXHKaajKLuU/ Humas Protokol Purbalingga.

Video berdurasi 3 menit 12 detik ini telah disaksikan oleh 469 netizen dan disukai oleh 13 warganet hingga berita ini ditayangkan. Selamat menyakiskan, semoga bermanfaat.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY