Menteri-Menteri Melaporkan Proses Pembangunan Kampus UIII Kepada Wapres Ma’ruf

0
135
Sumber: http://www.wapresri.go.id/

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Sejumlah menteri atau wakil menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) terlibat aktif dalam proses pembangunan Kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII). Diantaranya ialah Wakil Menteri Agama (Wamenag) Republik Indonesia (RI), Dr. Drs. H. Zainut Tauhid Sa’adi, M.Si.

Seperti dikutip dari laman http://www.wapresri.go.id/, tiga menteri lainnya ialah Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati, S.E., M.Sc., Ph.D., Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Ir. Mochamad Basoeki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D., serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A.

Ketiga Menteri dan seorang Wakil Menteri (Wamen) ini hadir secara virtual (daring) dalam Konferensi Video bersama Wakil Presiden (Wapres) RI, Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma’ruf Amin, pada Selasa (11/8). Acara ini juga dihadiri oleh jajaran Rektorat Kampus UIII, seperti Rektor UIII, Prof. H. Komaruddin Hidayat, M.A., Ph.D.

Dalam laporannya kepada Wapres Prof KH. Ma’ruf Amin, Wamenag RI melaporkan beberapa hal terkait penyelesaian aset tanah. Khususnya mengenai capaian (progress) penertiban lahan tahap pertama pada 2019 dan rencana penertiban lahan tahap kedua pada tahun 2020.

“Tahap pertama (penertiban) dengan luas lahan 30,77 hektar, jumlah warga yang dialihkan 65 (orang) dan total anggaran Rp 7,6 Miliar telah selesai, kecuali area land reform (penggunaan ulang lahan) untuk fakultas ada 10 hektar dan sekarang masih didata ulang untuk tahap ke-2,” papar Wamenag RI, Dr. H. Zainut Tauhid Sa’adi.

Kemudian tahap kedua dengan luas lahan 49,23 hektar, lanjutnya, akan dimulai bulan Juni sampai dengan Desember 2020. “Proses segera bisa diselesaikan,” imbuhnya.

Sedangkan terkait pembangunan fisik sarana dan prasarana kampus dilaporkan oleh Menteri PUPR RI, Basuki Hadimuljono, Ph.D., kepada Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin. Menurutnya, capaian pembangunan Kampus UIII ditargetkan selesai dan dapat digunakan pada Juni 2021.

“Perpustakaan, gedung fakultas, masjid, kemudian gedung rektorat, student apartment (tempat tinggal siswa) itu tahun ini (2020) bisa diselesaikan, jadi saya kira, Pak Wapres, bisa dipakai pada bulan Juni 2021 untuk perkuliahan,” ungkap Menteri Basuki.

Laporan dilanjutkan dengan pemaparan dari Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri Mulyani Indrawati, Ph.D., serta Mendikbud RI, Nadiem Makarim. Keduanya menyampaikan perkembangan pembangunan Kampus UIII terkait bidangnya masing-masing.

Editor: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY