Wapres Ma’ruf: “UIII Harus Segera Menyelesaikan Susunan Kurikulum Berstandar Internasional”

0
92
Sumber: http://www.wapresri.go.id/

NEWSCOM.ID, JAKARTA РUniversitas Islam Intenasional Indonesia (UIII) merupakan kampus internasional. Karena itu, Susunan Kurikulum Berstandar Internasional (SKBI) di Kampus UIII harus segera diselesaikan, khususnya untuk empat program studi, yakni Studi Islam, Ilmu Politik, Ilmu Hukum dan Ekonomi Islam.

Seperti dikutip dari laman https://www.antaranews.com/, Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma’ruf Amin, menginstruksikan hal itu kepada Rektor UIII, Prof. H. Komaruddin Hidayat, M.A., Ph.D., pada Selasa (11/8), dalam Video Konferensi bersama menteri-menteri kabinet dan jajaran Raktorat UIII.

“UIII adalah kampus internasional, jadi kurikulumnya juga bersubstansi dan berstandar internasional. Karena itu, SKBI di Kampus UIII harus segera diselesaikan, khususnya untuk empat program studi, yakni Studi Islam, Ilmu Politik, Ilmu Hukum dan EKonomi Islam,” tutur Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin.

Selain itu, lanjutnya, UIII juga perlu mempersiapkan Pedoman Akademik dan Rancangan Penyelenggaraan Perkuliahan, serta Proses Perekrutan Dosen dari dalam maupun luar negeri. “UIII harus segera menyelesaikan berbagai persiapan ini,” imbuh Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin.

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Non-Aktif itu, seluruh jadwal kerja persiapan kampus UIII ini harus terlaksana mulai September 2020. “Tepat satu tahun sebelum kegiatan perkuliahan di Kampus UIIIresmi dibuka pada September 2021,” papar Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin.

Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini juga mengikuti Video Konferensi secara daring dari Kediaman Resmi Wapres RI di Jalan  Jalan Diponegoro Nomor 2, Kota Administrasi Jakarta Pusat, Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta.

UIII mulai didirikan pada 2016 lalu, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 57 Tahun 2016. Sedangkan Statuta UIII dibuat pada 2019 berdasarkan PPNomor 23 Tahun 2019, seiring dengan pengangkatan Wali Amanat dan Pelantikan Rektor UIII.

UIII juga membuka jenjang Pendidikan Pascasarjana (Strata 2) dan Program Doktoral (Strata 3) untuk tujuh fakultas, yakni Studi Islam, Ilmu Politik, Ilmu Pendidikan, Ilmu Hukum, Ekonomi dan Keuangan Islam, Sains dan Teknologi, serta Arsitektur.

Editor: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY