Menhan: “Sejumlah Negara Tertarik Berinvestasi di ‘Food Estate’ Indonesia”

0
155
Sumber: https://news.detik.com/ atau Dokumentasi Komunikasi dan Informasi Publik (KIP) Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) RI.

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Sejumlah negara seperti Korea Selatan, Uni Emirat Arab, Qatar dan Tiongkok tertarik untuk berinvestasi pada sektor pangan di Indonesia, khususnya dalam program Food Estate yang sedang dikembangkan pemerintah Republik Indonesia (RI) di masa pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) ini.

Seperti dilansir dari laman http://www.wapresri.go.id/, Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia (RI), Letnan Jenderal Tentara Nasional Indonesia (TNI) Purnawirawan (Purn.) Prabowo Soebianto Djojohadikusumo, menyampaikan informasi ini kepada Wakil Presiden (Wapres) RI, Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma’ruf Amin, pada Kamis (3/9) sore.

Tepatnya di Kediaman Resmi Wapres RI, Jalan Diponegoro Nomor 2, Menteng, Kota Administrasi Jakarta Pusat. Informasi ini juga dibenarkan oleh Juru Bicara (Jubir) Wapres RI, Drs. H. Masduki Baidowi, M.Pd., yang juga Staf Khusus Wapres RI Bidang Komunikasi dan Informasi, pada Kamis (3/9).

Menurutnya, Menhan Prabowo Soebianto belum pernah bertemu secara resmi dengan Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin sejak pelantikan Kabinet Indonesia Maju.

“Beberapa negara seperti Korea Selatan, Uni Emirat Arab, Qatar dan TIongkok tertarik untuk berinvestasi pada sektor pangan di Indonesia karena ke depan, diprediksi negara-negara akan saling berebut pangan sehingga dimungkinkan Indonesia dapat berkolaborasi,” jelas Menhan Prabowo Soebianto.

Menurutnya, investasi pangan dalam program Food Estate ini akan dimulai dari dana negara. “Setelah dipancing dengan dana negara, berikutnya akan dilanjutkan dengan dana-dana adari investasi,” imbuh Menhan Prabowo Soebianto.

Menanggapi laporan dari Menhan Prabowo Soebianto ini, Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin pun meminta Menhan Prabowo agar program Food Estate ini dapat melibatkan masyarakat setempat, termasuk berbagai unsur pemangku kepentingan (stakeholder) daerah, pondok pesantren, dan lain-lain sesuai dengan wilayahnya.

“Program Food Estate ini hendaknya melibatkan masyarakat setempat, para stakeholders di daerah, pondok pesantren dan lain-lain sesuai dengan wilayahnya,” papar Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin.

Selain itu, Menhan Prabowo Soebianto juga menyebutkan sejumlah daerah yang siap untuk dijadikan Lumbung Pangan Nasional. “Antara lain di Kalimantan Tengah (Kalteng), Merauke, Bangka Belitung, dan Jambi,” ungkapnya.

“Untuk lebih detail, saya undang kehadiran Wapres ke kantor untuk menerima data-data langsung, selain data-data yang telah saya berikan kepada Wapres hari ini,” jelasnya.

Editor: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY