Empat Langkah Strategis Pemerintah Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional

0
70
Sumber: https://www.antaranews.com/

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Pemerintah Republik Indonesia (RI) telah melakukan empat langkah strategis dalam rangka menjamin ketersediaan stok pangan nasional sehingga ketahanan pangan nasional dapat tetap terjaga.

“Langkah-langkah yang diambil adalah melakukan upaya intensifikasi, diversifikasi, penguatan Cadangan Beras Pemeritah Daerah (CBPD), serta membangun Lumbung Pangan Masyarakat (LPM),” tutur Wakil Presiden (Wapres) RI, Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma’ruf Amin, pada Selasa (1/9), dalam sambutannya secara daring, melalui Video Konferensi.

Seperti dikutip dari laman http://www.wapresri.go.id/, Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin menyatakan hal itu pada Selasa (1/9), saat memberikan kata sambutan dalam Simposium Nasional Kesehatan, Ketahanan Pangan dan Kemiskinan.

Acara ini diselenggarakan oleh Universitas Hasanuddin (Unhas) dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-64 secara daring.

Menurutnya, salah satu dampak pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) yang perlu menjadi perhatian bersama ialah terjadinya kelangkaan dan krisis pangan dunia.

“Bahkan kondisi kelangkaan dan krisis pangan global telah diingatkan oleh Badan Pangan dan Pertanian Dunia atau Food Agricultural Organization (FAO),” ujar Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin pada Selasa (1/9).

Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin pun menjelaskan langkah intensifikasi pertanian yang telah dan sedang dijalankan oleh pemerintah RI.

“Intensifikasi pertanian merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Caranya ialah dengan mengoptimalkan lahan pertanian yang telah ada,” papar Ketua Umum Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indoensia (MUI) Pusat Non-Aktif itu.

Editor: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY