Wapres Ma’ruf: “Kelebihan BMT, Pembiayaan Terhadap UMKM Tidak Memerlukan Persyaratan Rumit”

0
66
Sumber: http://www.wapresri.go.id/

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Baitul Maal wa Tamwil (BMT) berbeda dengan lembaga perbankan lainnya. Kelebihan itu disebabkan BMT dapat memberikan pembiayaan kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) tanpa memerlukan persyaratan yang rumit. Jadi BMT merupakan lembaga yang sesuai untuk membantu UMKM.

Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma’ruf Amin, menyatakan hal itu pada Senin (16/11), saat memberikan kata sambutan selaku narasumber utama dalam Seminar Daring BMT Summit 2020.

Seperti dikutip dari laman http://www.wapresri.go.id/, acara ini diselenggarakan secara virtual oleh Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat. Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin memberikan sambutannya secara virtual, melalui Video Konferensi dari kediaman resmi di Jalan Diponegoro Nomor 2, Menteng, Kota Administrasi Jakarta Pusat.

“BMT dapat memberikan pendampingan kepada nasabahnya untuk mengembangkan kegiatan usaha, juga melakukan pembinaan karakter dan perilaku hidup yang baik. BMT juga memiliki kelebihan untuk memberikan pembiayaan bagi UMKM tanpa memerlukan persyaratan yang rumit,” tutur Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin.

Menurutnya, BMT merupakan lembaga keuangan mikro syariah yang menjalankan fungsi sosial dan fungsi komerial sekaligus. Hal ini sangat penting untuk melayani kelompok masyarakat menengah bawah, salah satunya pelaku UMKM.

“Sebagai lembaga keuangan yang menangani UMKM, BMT memegang peranan penting dalam mengurangi kesenjangan sosial di masyarakat. Hal ini sesuai dengan prioritas pemerintah dalam mengembangkan UMKM di masa pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19),” jelas Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin.

Semua pihak, lanjutnya, perlu memperkuat peran sosial dan peran komersial BMT sehingga dapat menjadi solusi penguatan ekonomi umat. Apalagi BMT merupakan lembaga keuangan yang sesuai untuk membantu pengembangan UMKM. “Karakteristik BMT berbeda dengan lembaga perbankan lainnya,” imbuh Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin.

“Menjadi kewajiban kita untuk menguatkan BMT-BMT yang kita miliki agar terbukti menjadi solusi bagi penguatan ekonomi umat sehingga dapat direplikasi di berbagai negara muslim lainnya,” tegas Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin.

Editor: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY