Pandemi COVID-19, Kebangkitan Ekonomi Jabar Akan Memulihkan Perekonomian Nasional

0
658
Sumber: Guntur Subagja

NEWSCOM.ID, PANGANDARAN – Asisten Staf Khusus Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si., berharap agar Provinsi Jawa Barat (Jabar) dapat menjadi salah satu motor pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19).

“Alasanya, perputaran ekonomi di Jabar selama ini sangat besar. Dampaknya, kebangkitan ekonomi di wilayah Jabar akan berdampak besar terhadap pemulihan ekonomi nasional,” tutur Guntur Subagja pada Jumat (4/12) malam di Kabupaten Pangandaran, Jabar.

Tepatnya saat menjadi narasumber dalam Diskusi bertema Sosialisasi Pemulihan EKonomi Daerah pada Jumat (4/12) malam. Acara ini diselenggarakan oleh Badan Pimpinan Cabang (BPC) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Pangandaran dan dirangkai dengan agenda Makan Malam Bersama (Dinner).

Turut hadir dan menjadi narasumber Pejabat Sementara (Pjs.) Bupati Pangandaran, Drs. H. Dani Ramdhan, M.T., dalam pertemuan ini.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI) itu pun menyambut baik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar yang merespon cepat kebijakan pemerintah pusat.

“Saya mengapresiasi Pemprov Jabar yang telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Daerah (PTED) Provinsi Jabar. Hal ini merupakan respon cepat Pemprov Jabar terhadap kebijakan pemerintah pusat,” ungkap Guntur.

Dalam Agenda kunjungan kerja selama dua hari, Jumat (4/12) hingga Sabtu (5/12), di Kabupaten Pangandaran dan Ciamis ini, Guntur Subagja juga berkunjung ke Shane Josa Resort, untuk berdiskusi dengan sekitar 30 pelaku industri ekonomi kreatif dan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Shane Josa Resot terletak di Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jabar. Lalu acara berlanjut dengan kunjungan ke Desa Batu Karas, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jabar, pada Sabtu (5/12) siang.

Tujuannya untuk memantaui dan berdialog lagsung dengan pelaku UMKM serta pelaku usaha restoran, kuliner, dan hotel di Batu Karas. Agenda kunjungan kerja ini diselenggarakan atas undangan Satgas PTED Provinsi Jabar.

Dalam agenda kunjungan kerja ini, Guntur Subagja yang juga Wakil Ketua Umum Ikatan Alumni (Iluni) Program Pascasarjana (PPs) Universitas Indonesia (UI) itu telah berkunjung ke Korporasi Petani PT. Mitra Desa Pamarican.

Korporasi itu dimiliki oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kecamatan Pamarican.

Kunjungan kerja ini juga bertujuan untuk menggali informasi dan memetakan kondisi ekonomi daerah yang terdampak pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Ciamis dan Pangandaran, Jawa Barat.

Bersama-sama dengan jajaran pimpinan Satgas PTED Provinsi Jabar, Guntur Subagja turut berdialog langsung dengan para pelaku UMKM, serta para pelaku usaha di sektor pertanian, pariwisata dan industri kreatif di Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Ciamis, Provinsi Jabar.

Dalam kunjunsgan kerja selama dua hari ini, turut hadir dan menjadi narasumber Ketua Harian Satgas PTED Provinsi Jabar, Antonius Harso Waluyo Witono, yang akrab disapa Ipong Witono, serta Sekretaris Satgas PTED Provinsi Jabar, Drs. Benny Bachtiar, M.Si.

Narasumber lainnya ialah Kepala Dinas (Kadis) Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jabar, Ir. H. Jafar Ismail, M.M., Kadis Parisiwisata dan Kebudayaan Provinsi Jabar, Dr. H. Dedi Taufik Kurohman, dan Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jabar, Ir. H. Dadan Hidayat, M.Si.

Hadir pula Kepala Dinas Kealutan dan Perikanan Provinsi Jabar, H. Dede Sunendar, A.Pi., M.P., dan Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Pangandaran, Drs. H. Dani Ramdhan, M.T., selaku pemateri dalam kunjungan kerja ini.

Turut hadir Wakil Ketua Divisi UMKM Satgas PTED Provinsi Jabar, Joni Janitra, dan Divisi Pemberdayaan Masyarakat Satgas PTED Provinsi Jabar, Raden Nurtafiana S.Pt., M.E., dalam kunjungan kerja ini.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY