Video: “TVRI, Refleksi Akhir Tahun dan Ekonomi Kerakyatan, Guntur Subagja”

0
146

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Televisi Republik Indonesia (TVRI) telah menyelenggarakan program Klik Indonesia Pagi pada Sabtu (26/12), Pukul 06.46 – 07.00 Waktu Indonesia Barat (WIB), dengan tema: Refleksi Akhir Tahun dan Ekonomi Kerakyatan.

Acara ini menghadirkan Asisten Staf Khusus (Stafsus) Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Bidang Ekonomi dan Kerakyatan, Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si., selaku narasumber secara daring, melalui Aplikasi Zoom.

Dalam paparannya, Guntur Subagja mengajak segenap pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengan (UMKM) dan para pemangku kepentingan (stakeholders) terkait untuk bangkit kembali dan bersama-sama membangun kemandirian nasional.

“Kita harus memanfaatkan krisis pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) sebagai momentum kebangkitan ekonomi kerakyatan dan UMKM. Tujuanya agar kita dapat membangun kemandirian nasional,” tutur Guntur Subagja.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI) itu juga mengimbau agar semua pihak bersama-sama dalam membangun ekosistem ekonomi Indonesia.

“Bangun ekosisten ekonomi Indonesia agar UMKM terus dapat berproduksi dengan mengoptimalkan potensi dan kearifan lokal di masing-masing daerah. Tugas pemeirntah adalah membantu penyerapan pasar semabri meningkatkan daya beli masyarakat,” ujar Guntur Subagja.

Ketua Center for Strategic Policy Studies (CSPS) – Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI) itu pun berharap agar sektor pertanian, peternakan dan perikanan dapat menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi nasional pada tahun 2021.

“Hal yang luar biasa, sektor pertanian, perikanan, dan peternakan di Indonesia terus mengalami pertumbuhan positif, bahkan mencapai lebih dari 16 persen pada tahun 2020. Artinya, ketiga sektor ini tidak terdampak pandemi COVID-19,” jelasnya.

Kita, lanjutnya, harus memanfaatkan momentum pandemi COVID-19 ini untuk memenuhi kebutuhan pangan nasional secara mandiri. “Pemerintah tentu berupaya meningkatkan kualitas produk-produk pertanian dan mengatur tata niaga dari ketiga sektor ini,” ucapnya.

Berikut ini adalah Video dari Program Klik Indonesia Pagi yang disiarkan TVRI pada Sabtu (26/12) dan direkam oleh akun Youtube Indonesia Review, seperti dikutip dari laman https://youtu.be/02YrhOEfc2g. Selamat menyaksikan video berdurasi 12 menit 54 detik ini, semoga bermanfaat.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY