Muktamar II PRIMA DMI: “Menuju Peradaban Islam Yang Kuat”

0
579
Sumber: PP PRIMA DMI Masa Khidmat 2018-2023 / Muhammad Ibrahim Hamdani

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Muktamar II Perhimpunan Remaja Masjid (PRIMA) Dewan Masjid Indonesia (DMI) telah terlaksana pada Jumat (17/2) hingga Ahad (19/2) di Gedung DMI Pusat, Jakarta. Acara ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pimpinan Pusat (PP) DMI, Dr. H. Imam Addaruqutni, M.A., pada Jumat (17/2) malam.

Muktamar II PRIMA DMI mengangkat tema: “Pemuda Remaja Masjid: Bergerak dengan Akhlak, Menuju Peradaban Islam Yang Kuat” dan dihadiri sekitar 70 peserta yang mewakili Pimpinan Wilayah (PW) dan Pimpinan Daerah (PD) PRIMA DMI se-Indonesia.

Acara pembukaan Muktamar II PRIMA DMI diawali dengan penampilan tim hadrah dari binaan Pimpinan Cabang (PC) PRIMA DMI Kecamatan Karang Tengah.

Alhamdulillah, prosesi pelaksanaan Muktamar II ini telah berlangsung dengan aman, sukses dan lancar di bawah pimpinan Ketua Umum PP PRIMA DMI Masa Khidat 2018-2023, Ahmad Arafat Aminullah, S.T. Ia juga memberikan kata sambutan dalam acara ini, tepatnya sebelum Sekjen PP DMI menjadi pembicara utama (keynote speaker).

Adapun Ketua Pelaksana (Organizing Committee/ OC) Muktamar II PRIMA DMI ialah Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si., yang juga Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri (HLN) dan Kerja Sama Internasional (KI) PP PRIMA DMI masa khidmat 2018-2023.

Sedangkan pembacaan doa dipimpin oleh Ketua Pimpinan Wilayah (PW) PRIMA DMI Banten, Dr. Efi Afifi, M.Pd. Lalu pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an dipandu oleh alumni Santri Takmir Masjid (STM), Muhammad Ihsan, yang membacakan Surat At-Taubah ayat 18. Ia telah dibina selama sebulan oleh PW PRIMA DMI DKI Jakarta dalamm program STM.

Acara berlanjut dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars PRIMA DMI yang dipandu oleh Ibu Rosemini. Sedangkan pembawa acara dalam pembukaan Muktamar II PRIMA DMI ialah Bintang Afrilia Deviana Lubis, salah seorang kader PRIMA DMI.

Selanjutnya, sidang perdana dibuka oleh Ketua Presidium Sidang Sementara Muktamar II PRIMA DMI, yakni Panji Nugraha, yang juga anggota Steering Committee (SC) Panitia Muktamar II PRIMA DMI.

Dalam rangkaian acara Pra Muktamar II PRIMA DMI, panitia juga menjalin kerja sama dengan Persaudaraan Jurnalis Muslim Indonesia (PJMI), Center for Strategic Policy Studies (CSPS) – Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI) serta Pusat Dakwah dan Perbaikan Akhlak Bangsa (PD PAB) Majelis Ulama Indonesia (MUI).

PRIMA DMI pun menjalin kerja sama erat dengan jajaran PP DMI, Hotel Balairung Jakarta, Tawaf TV serta Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI). Bahkan prosesi Muktamar II PRIMA DMI telah ditutup secara resmi oleh perwakilan PP DMI, Dr. Drs. H. Mukhtadi El Harry, M.M., M.Sc., pada Ahad (19/2).

Dalam acara penutupan ini, para peserta dipandu oleh Mohammad Andi selaku Ketua Panitia Lokal Muktamar II PRIMA DMI. Ia memberikan arahan pasca proses persidangan oleh tiga pimpinan presidium sidang tetap, antara lain Mulyanto, S.Pd.I., M.Psi., sebagai anggota presidum, yang juga Ketua PW PRIMA DMI Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dua pimpinan presidium sidang tetap lainnya ialah Umar, S.P., sebagai anggota presidium, yang juga Ketua PW PRIMA DMI Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), serta Asmuni sebagai ketua presidium, yang juga Ketua PW PRIMA DMI Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Adapun tujuh formatur terpilih dari perwakilan zona barat (Sumatera dan Kalimantan), zona tengah (Jawa) dan zona timur (Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan Papua) serta PP PRIMA DMI demisioner, antara lain Munawar Khalil dari PW PRIMA DMI Aceh dan Ardiansyah P, S.Sos., yang juga Ketua PW PRIMA DMI Jambi dari zona barat.

Lalu formatur dari zona tengah ialah Dr. Efi Afifi, M.Pd., dan Ahsan Fausi, S.Sos.I., yang juga Ketua PW PRIMA DMI Jawa Tengah (Jateng). Sedangkan formatur dari zona timur ialah Umar, S.P., dan Kumaeni Pambek yang juga Ketua PW PRIMA DMI Sulawesi Tengah.

Adapun formatur dari PP PRIMA DMI demisioner ialah Ketua PW PRIMA DMI Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Irwansyah Putra Nasution, S.H. Kemudian, setelah tujuh formatur melaksanakan musyawarah menuju mufakat, termasuk perhitungan suara, maka Ketua Umum PP PRIMA DMI Terpilih Masa Khidmat 2023-2027 ialah Munawar Khalil, S.I.P.

Saat menyampaikan laporan kegiatan, Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si. selaku Ketua Panitia Pelaksana menyatakan bahwa panitia telah menyelengarakan Webinar Pra Muktamar II PRIMA DMI pada Kamis (16/2) sore dengan tema: Ekonomi Syariah dan Kontribusi Remaja Masjid Terhadap Kemajuan Umat.

Seminar Pra Muktamar II PRIMA DMI menghadirkan sejumlah narasumber, antara lain Ketua CSPS SKSG UI, Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si., dan Ketua Umum PP PRIMA DMI, Ahmad Arafat Aminullah, S.T., serta Ketua PD PAB MUI Pusat, Dr. KH. Masyhuril Khamis, S.H., M.M.

Adapun moderator dalam seminar ini ialah Bendahara dan peneliti CSPS SKSG UI, Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si., yang juga Wakil Sekretaris PD PAB MUI Pusat. Ia juga mengemban amanat selaku Anggota Dewan Pakar Organization of Islamic Cooperation (OIC) Youth Indonesia.

Kemudian pada Jumat (17/2) pagi, PRIMA DMI juga berkolaborasi dan bekerja sama dengan PJMI dalam menyelenggarakan Diskusi Publik bertema: “Peran Jurnalis Muslim Di Era Komunikasi Digital untuk Penguatan Literasi Umat” di Jakarta. Diskusi Publik itu merupakan bagian dari acara “Pengukuhan Pengurus PJMI Periode 2022-2023“.

Dalam acara ini, Ketua Umum PP PRIMA DMI Masa Khidmat 2018-2023, Ahmad Arafat Aminulah, menjadi salah seorang narasumber. Beliau juga mendapatkan apresiasi dan penghargaan khusus dari Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PJMI, Ismail Lutan.

Apalagi PJMI dan PRIMA DMI telah menjalin kerja sama strategis, bahkan telah bersilaturahmi tatap muka dengan Ketua Umum PP DMI, Dr. (H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, M.B.A., dan Sekjen PP DMI, Dr. H. Imam Addaruquthni, M.A., pada Jumat (20/1) sore di Gedung DMI Pusat, Jakarta.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY