CSPS SKSG UI Jajaki Kolaborasi dengan Platform Metaverse WIR Group

0
263

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Lembaga kajian Center for Strategic Policy Studies (CSPS) Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia (SKSG UI) berkunjung ke perusahaan digital metaverse PT WIR Asia Tbk (WIR Group), di Jakarta, Kamis (23/2/2022).

Ketua CSPS SKSG UI Guntur Subagja Mahardika bersama tim peneliti I Nyoman Astawa dan Ajeng Pramastuty bersilaturami dengan manajemen WIR Group Jeffrey Budiman (Co-Founder & Group Chief Innovation Officer), Jimmy Halim (Co-Founder & Group Business Development Officer), Yasha Chatab (Direktur Bisnis Internasional), Kurniati (Kepala Komunikasi), dan Marlon Kansil (Advisor WIR Group).

Tim CSPS SKSG melihat fasilitas metaverse dan produk digital masa depan WIR Group, antara lain Mindstore,  Dav, Nusameta, Avatar, dan produk digital serta Internet of Things (IoT) lainnya.

Co-Founder Jeffrey Budiman memaparkan WIR Group adalah perusahaan inovasi teknologi yang bergerak dalam Augmented Reality (AR) yang terintegrasi dengan Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI).

“WIR Group perusahaan metaverse terdepan di Indonesia yang melahirkan produk inovasi teknologi masa depan, we the future,” ujar Jeffrey. WIR juga satu-satunya perusahaan metaverse yang mengembangkan teknologi block chain pertama di Indonesia untuk ekosistem metaverse dan Web3.

Jimmy Halim menjelaskan WIR Group sedang membangun ekosistem metaverse di Indonesia.

Ketua CSPS SKSG UI Guntur S Mahardika mengapresiasi WIR Group sebagai perusahaan teknologi masa depan karya anak bangsa yang dikembangkan oleh putra putri Indonesia untuk masyarakat global.

“Kami bangga atas inovasi anak bangsa yang membangun ekosistem metaverse global dari Indonesia, ini kebanggaan kita semua,” tuturnya.

Sebagai lembaga kajian strategis, kata Guntur, CSPS SKSG UI menjajaki sinergi dan kolaborasi memadukan potensi-potensi yang dimiliki CSPS SKSG UI dengan WIR Group. “Kami menjajaki kerjasama menjadikan produk intelektual seperti konten-konten kajian strategis untuk kebijakan publik yang dikemas dengan teknologi masa depan,” papar Guntur.

Peneliti CSPS SKSG UI, I Nyoman Astawa mengungkapkan produk-produk yang dimiliki CSPS dapat menjadi konten WIR. “Kami ingin bersama-sama membangun kampus virtual,” jelasnya.

Advisor WIR Group Marlon Kansil melihat potensi besar pengembangan produk kebijakan publik untuk digitalisasi di Indonesia dan Asia Tenggara. “Regulasi untuk mendukung teknologi metaverse diharapkan dapat dipercepat,” kata Marlon.

Pertemuan ini akan ditindaklanjuti dengan langkah-langkah strategis membahas aspek-aspek teknis untuk mewujudkan sinergi dan kolaborasi strategis CSPS SKSG UI dan WIR Group.*

LEAVE A REPLY