PD-PAB MUI Menyelenggarakan Pelatihan Penguatan Akhlak Bangsa Bagi Milenial-2

0
553
Sumber: PD PAB MUI / Slamet Miftahul Abror

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Pusat Dakwah dan Perbaikan Akhlak Bangsa (PD PAB) Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menyelenggarakan Training Penguatan Akhlak Bangsa Bagi Milenial Angkatan 2 pada Sabtu (15/4) di Aula Buya HAMKA, Gedung MUI Pusat, Lantai 4, Jakarta.

Kegiatan ini diikuti oleh 70 peserta yang berasal dari berbagai organisasi kepemudaan Islam seperti Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Ikatan Pelajar Puteri Nahdlatul Ulama (IPPNU), Santri Mendunia, Perhimpunan Remaja Masjid (PRIMA) Dewan Masjid Indonesia (DMI), Ikatan Pelajar Al-Washliyah, dan Himpunan Mahasiswa Al-Washliyah.

Acara yang berlangsung pada 24 Ramadhan 1444 Hijriah ini juga diikuti oleh para peserta dari berbagai organisasi seperti Serikat Mahasiswa Muslim Indonesia (SEMMI), Ikatan Mahasiswa Muhamadiyah (IMM), Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Syahid – Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, dan Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam.

Dalam kegiatan ini, turut hadir dan memberikan kata sambutan Ketua PD PAB MUI, Dr. KH. Masyhuril Khamis, S.H., M.M., yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Al-Jam’iyatul Washliyah. Beliau juga menjadi narasumber dengan materi bertema: “Akhlak Bangsa (Masalah dan Solusi)”.

Adapun yang menjadi moderator saat sesi materi KH. Masyhuril Khamis berlangsung ialah Wakil Sekretaris PD PAB MUI, Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si., yang juga mengemban amanat selaku Direktur Bidang Media, Komunikasi dan Informasi Pimpinan Pusat (PP) PRIMA DMI.

Lalu saat membuka acara, Dr. KH. Masyhuril Khamis turut didampingi oleh Ketua Panitia Pengawas atau Steering Committee (SC) acara, yakni Dr. KH. Muhammad Suaidi, M.Ag., yang juga pengurus dan anggota PD PAB MUI Pusat. Beliau pun menjadi narasumber dalam pelatihan ini dengan materi bertema: “Generasi Milenial Yang Religius”.

Kemudian di akhir acara, Dr. KH. Muhammad Suaidi menyematkan secara simbolis predikat Duta Akhlak Bangsa kepada lima orang peserta. Mereka dipilih mewakili berbagai organisasi kepemudaan Islam yang mengikuti program ini.

Sebelumnya, lima peserta penerima predikat Duta Akhlak Bangsa itu juga menjawab pertanyaan dari KH. Muhammad Suaidi, satu orang satu pertanyaan. Lalu mereka menjawab pertanyaan tersebut yang langsung direspon oleh beliau. Ia juga memimpin pembacaan doa di awal acara.

Turut hadir dan menjadi narasumber Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Dewan Pimpinan MUI Pusat, KH. Arif Fahruddin, M.Ag. Beliau memaparkan materi dengan tema: Manhajul Fikri Wal Khidmah: Metode Pemikiran dan Pengabdian MUI.

KH. Arif Fahruddin turut mendampingi KH. Masyhuril Khamis saat pembukaan acara berlangsung, bersama-sama dengan Ustaz Dr. H. Muhammad Rahman, Lc., M.Ag., selaku Pengurus dan Anggota PD PAB MUI. Ia pun menjadi narasumber dalam acara ini dengan materi bertema “Penguatan Akhlak Bangsa”.

Selain itu, narasumber lainnya ialah Anggota dan Pengurus PD PAB MUI, Emmy Kharisma Dewi, S.I.Kom., M.M., yang juga Mentor Santri Mendunia. Beliau membawakan materi bertema: Generasi Milenial Unggul: Akhlak Sebagai Role Model Masa Depan. Ia menjadi narasumber dalam sesi panel bersama Dr. KH. Muhammad Suaidi, M.Ag.

Adapun yang menjadi moderator dalam sesi ini ialah Ustaz H. Ahmad Syaifuddin, S.S., selaku anggota dan pengurus PD PAB MUI. Moderator lainnya ialah Slamet Miftahul Abror, S.Hum., selaku Sekretariat PD PAB MUI. Beliau menjadi moderator dalam sesi panel pemateri KH. Arif Fahrudin, M.Ag., dan  Dr. H. Muhammad Rahman, Lc., M.Ag.

Lebih lanjut, turut hadir secara daring Sekretaris PD PAB MUI, KH. Nurul Badruttamam, M.Ag., melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting dari Masjidil Haram, Makkah Al-Mukarrahmah, Kerajaan Arab Saudi. Beliau memberikan kata sambutan dan arahan kepada 70 peserta yang hadir, khususnya tindak lanjut pasca program pelatihan ini.

Sekretaris Lembaga Dakwah (LD) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu juga menyampaikan materi kepada para peserta selama sekitar 30 menit, khususnya seputar program-program PD PAB MUI yang telah, sedang dan akan berlangsung.

Lalu acara ditutup dengan kata sambutan dan pidato penutup dari Ketua Dewan Pimpinan MUI Pusat, KH. Muhammad Cholil Nafis, Lc., M.A., Ph.D., secara daring, melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting. Rais Syuriah PBNU itu sedang mengikuti acara buka puasa bersama Keluarga Masyarakat Islam Indonesia (KMII) di Tokyo, Jepang.

Kemudian, seluruh pengurus PD PAB MUI yang hadir bersama-sama dengan 70 peserta dan panitia melakukan foto bersama sekaligus pengambilan video singkat ucapan Selamat Idul Fithri 1 Syawal 1444 Hijriah. “Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Selamat Idulfitri 1 Syawal 1444 Hijriah,” ucap Dr. KH. Masyhuril Khamis memimpin para hadirin.

Selanjutnya, acara ditutup dengan do’a dan buka puasa bersama seluruh hadirin setelah azan magrib berkumandang.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY