Peserta Pelatihan Terima Predikat “Duta Akhlak Bangsa” PD-PAB MUI

0
469
Sumber: PD PAB MUI

NEWSCOM/ID, JAKARTA – Pusat Dakwah dan Perbaikan Akhlak Bangsa (PD PAB) Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menyematkan predikat Duta Akhlak Bangsa kepada 70 peserta yang hadir dan  mengikuti Training Penguatan Akhlak Bangsa Bagi Milenial Angkatan 2 pada Sabtu (15/4) di Aula Buya HAMKA, Gedung MUI Pusat, Lantai 4, Jakarta.

Secara simbolis, predikat itu diserahkan langsung oleh Ketua Panitia Pengawas (Steering Committee /SC) acara, Dr. KH. Muhammad Suaidi, M.Ag., yang juga pengurus dan anggota PD PAB MUI, kepada lima orang peserta yang mewakili 70 peserta yang hadir.

Kelima peserta itu ialah Ilham Taufik dari Santri Mendunia, Anisa Nurhakim dari Perhimpu-nan Remaja Masjid (PRIMA) Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jung Muhammad Nur dari Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Wahyu Mawadatul Habibah dari Ikatan Pelajar Putri NU (IPPNU) dan Abdurrahman Addakhil dari Pemuda Muhammadiyah.

Peserta lainnya juga ada yang berasal dari Ikatan Pelajar Al-Washliyah, Himpunan Mahasiswa Al-Washliyah, Serikat Mahasiswa Muslim Indonesia (SEMMI), Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Syahid – Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah dan Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (Persis).

Ada pula peserta yang berasal dari Himpunan Mahasiswa Muhammadiyah (HMM) – Pengurus Cabang Istimewa (PCI) Muhammadiyah, serta Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Lebih lanjut, KH. Muhammad Suaidi memimpin pembacaan doa saat pembukaan acara berlangsung. Beliau hadir mendampingi Ketua PD PAB MUI, Dr. KH. Masyhuril Khamis, S.H., M.M., yang juga Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Al-Jam’iyatul Washliyah. Tepatnya saat KH. Masyhuril Khamis menyampaikan kata sambutan dan membuka acara ini secara resmi.

Selain itu, KH. Muhammad Suaidi juga menjadi narasumber dengan tema “Generasi Milenial Yang Religius,” dalam sesi panel diskusi bersama Anggota dan Pengurus PD PAB MUI, Emmy Kharisma Dewi, S.I.Kom., M.M., yang juga Mentor Santri Mendunia.

Adapun tema yang dibahas oleh Dr. KH. Masyhuril Khamis ialah “Akhlak Bangsa (Masalah dan Solusi)”. Beliau menjadi narasumber dengan didampingi seorang moderator, Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si., yang juga Direktur Bidang Media, Komunikasi dan Informasi Pimpinan Pusat (PP) PRIMA DMI.

Sedangkan materi yang dibahas oleh Emmy Kharisma Dewi bertema: Generasi Milenial Unggul: Akhlak Sebagai Role Model Masa Depan. Dalam sesi diskusi panel ini, moderatornya ialah Pengurus dan Anggota PD PAB MUI, Ustaz H. Ahmad Syaifuddin, S.S.

Dalam sesi pembukaan acara, turut hadir mendampingi Dr. KH. Masyhuril Khamis ialah Ustaz Dr. H. Muhammad Rahman, Lc., M.Ag., selaku Pengurus dan Anggota PD PAB MUI. Beliau juga menjadi narasumber dengan materi bertema: “Penguatan Akhlak Bangsa”.

Ustadz Dr. H. Muhammad Rahman menjadi narasumber dalam sesi panel diskusi bersama Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Dewan Pimpinan MUI Pusat, KH. Arif Fahrudin, M.Ag. Beliau membahas materi bertema: “Manhajul Fikri Wal Khidmah: Metode Pemikiran dan Pengabdian MUI.

Adapun moderator dalam sesi panel diskusi KH. Arif Fahrudin ialah Staf Sekretariat PD PAB MUI, Slamet Miftahul Abror, S.S. Kemudian, turut hadir secara daring Sekretaris PD PAB MUI, KH. Nurul Badruttamam, M.Ag., melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting dari Masjidil Haram, Makkah Al-Mukarrahmah, Kerajaan Arab Saudi.

Sekretaris Lembaga Dakwah (LD) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu juga memberikan kata sambutan dan arahan kepada 70 peserta yang hadir, khususnya tindak lanjut pasca program pelatihan. Selama sekitar 30 menit, beliau menyampaikan materi seputar program-program PD PAB MUI yang telah, sedang dan akan berlangsung.

Lalu acara ditutup dengan kata sambutan dan pidato penutup dari Ketua Dewan Pimpinan MUI Pusat, KH. Muhammad Cholil Nafis, Lc., M.A., Ph.D., secara daring, melalui aplikasi Zoom Cloud MeetingRais Syuriah PBNU itu sedang mengikuti acara buka puasa bersama Keluarga Masyarakat Islam Indonesia (KMII) di Tokyo, Jepang.

Kemudian seluruh pengurus PD PAB MUI yang hadir bersama-sama dengan 70 peserta dan panitia melakukan foto bersama sekaligus pengambilan video singkat ucapan Selamat Idul Fithri 1 Syawal 1444 Hijriah.

Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Selamat Idulfitri 1 Syawal 1444 Hijriah,” ucap Dr. KH. Masyhuril Khamis memimpin para hadirin.

Selanjutnya, acara ditutup dengan do’a dan buka puasa bersama seluruh hadirin setelah azan magrib berkumandang.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY