Visi Global dan Refleksi Dies Natalis 7 Tahun SKSG-UI

0
311
Sumber: CSPS SKSG UI

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Kegiatan Dies Natalis 7 Tahun Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI) di Hotel Borobudur, Kota Administrasi Jakarta Pusat, pada Jumat (7/7) malam, menjadi momentum bagi para peneliti, dosen, dan staf untuk melakukan refleksi (perenungan) atas capaian kinerja dan program SKSG UI.

Apalagi 7 tahun bukanlah waktu yang singkat bagi perjalanan sebuah institusi pendidikan (setingkat fakultas) seperti SKSG UI. Refleksi tentang perjalanan 7 tahun itu disampaikan langsung oleh Direktur SKSG UI, Athor Soebroto, S.E., M.M., M.Si., Ph.D.

Dalam acara bertema: Towards A Globally-Recognized School of Strategic and Global Studies” atau “Menuju Suatu SKSG UI yang Diakui Secara Global“ ini, Direktur SKSG UI, Athor Soebroto, Ph.D., menjelaskan sejarah panjang SKSG UI yang sebelumnya menjadi bagian dari Program Pascasarjana (PPs.) UI.

“Marilah kita memecahkan persoalan bangsa dengan pendekatan keilmuan berbasis multidisiplin dan interdisipliner. Mari kita berjuang agar pilar UI semakin baik dengan kualitas pengajaran berstandar internasional,” tutur Athor Soebroto, Ph.D., pada Jumat (7/7) malam, saat menyampaikan kata sambutan di Hotel Borobudur, Jakarta.

Apalagi UI, lanjutnya, telah mendirikan Fakultas Pascasarjana sejak tahun 1982 yang kemudian berubah menjadi Program Pascasarjana berbasis multidisiplin pada tahun 2000.

Lalu pada 2016, ungkapnya, untuk berbagai program studi yang bersifat multidisiplin dan interdisipliner di lingkungan Program Pascasarjana UI, Rektorat UI telah membentuk dan mengesahkan Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) UI dan Sekolah Ilmu Lingkungan (SIL) UI. “Jadi sebenarnya, dilihat dari sejarah, SKSG telah berumur 41 tahun,” imbuhnya.

“Saat ini, juga terdapat sembilan program magister di SKSG UI, yakni Kajian Ketahanan Nasional, Kajian Terorisme, Kajian Wilayah Jepang, Kajian Wilayah Timur Tengah dan Islam, Kajian Wilayah Amerika, Kajian Pengembangan Perkotaan, Kajian Ilmu Kepolisian, Kajian Wilayah Eropa, dan Kajian Gender,” jelas Athor Soebroto, Ph.D.

Sedangkan untuk program Doktoral atau Strata 3 (S3), ucapnya, ada pula Program Studi Kajian Stratejik dan Global. CSPS SKSG UI juga berupaya menerbitkan berbagai buku, jurnal, dan policy brief, serta menyelenggarakan seminar internasional dan pelatihan dasar MOOC (Massive Open Online Course),” paparnya.

“SKSG UI juga telah menyelenggara-kan International Conference on Strategic and Global Studies (ICSGS) secara rutin setiap tahun. Saat ini sedang berlangsung ICSGS Ketujuh, bekerja sama dengan Deakin University dan The University of Melbourne,” ujarnya.

Lalu untuk 2024, ungkapnya, SKSG UI telah merintis kerja sama dengan sejumlah universitas dan institusi pendidikan tinggi di Uni Emirat Arab (Persatuan Emirat Arab). “Program kerja sama ini insya Allah akan terlaksana pada 2024 nanti,” ujar Athor Soebroto, Ph.D.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

Peneliti Center for Strategic and Policy Studies (CSPS) SKSG UI

 

LEAVE A REPLY