CSPS-SKSG-UI: “Selamat Milad 48 Tahun MUI, Mari Memperkokoh Persatuan Indonesia”

0
259
Sumber: Tim Peneliti CSPS SKSG UI.

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Center for Strategic Policy Studies (CSPS) – Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI) menyatakan turut berbahagia dan bersukacita atas Peringatan Milad MUI Ke 48 Tahun pada Rabu (26/7) mendatang.

Peneliti CSPS SKSG UI, Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si., menyatakan hal itu pada Jumat (16/7) sore di Jakarta.

“CSPS SKSG UI menyambut baik dan memberikan apresiasi positif terhadap tema Peringatan Milad MUI ke 48 Tahun, yakni: Memperkokoh Persatuan dalam Bingkai Keragaman Menuju Indonesia yang Lebih Sejahtera dan Bermartabat,” tuturnya.

Menurutnya, persatuan bangsa Indonesia dalam bingkai keragaman sangat diperlukan dalam menghadapi tahun-tahun politik yang ramai dengan dinamika kontestasi dan gejolak sosial ini, khususnya jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Tema yang diangkat MUI sudah sangat tepat, apalagi bangsa Indonesia membutuhkan persatuan yang kokoh dalam menghadapi tahun-tahun politik yang penuh dengan dinamika kontestasi dan gejolak sosial ini, khususnya jelang Pemilu 2024,” ujarnya.

CSPS SKSG UI, lanjutnya, juga sepakat dengan gagasan MUI untuk berikhtiar mewujudkan Indonesia yang lebih sejahtera dan bermartabat, tentu saja bersama-sama komponen bangsa lainnya.

“Semoga di usia ke 48 tahun ini, MUI semakin sukses dan jaya dalam mengemban amanat umat untuk memperkokoh persatuan bangsa dalam bingkai keragaman di Indonesia,” ucap Muhammad Ibrahim Hamdani yang juga Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Rumah Produktif Indonesia (RPI) itu.

CSPS SKSG UI, lanjutnya, siap bekerja sama dengan MUI dan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mewujudkan Indonesia yang lebih sejahtera dan bermartabat.

Seperti dilansir dari laman https://mui.or.id/berita/54675/peringati-milad-ke-48-mui-angkat-tema-persatuan-keragaman-dan-kesejahteraan/, MUI akan menggelar Milad Ke-48 Tahun pada Rabu (26/7) hingga Jumat (28/7) tahun ini (2023) di Taman Mini Indonesia Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Ketua Panitia Milad Ke 48 Tahun MUI, Dr. H. Lukmanul Hakim, M.Si., menyatakan bahwa Perayaan Milad Ke 48 Tahun ini mengangkat tema: “Memperkokoh Persatuan dalam Bingkai Keragaman Menuju Indonesia yang Lebih Sejahtera dan Bermartabat”.

“Tema Milad Ke-48 Tahun MUI tidak terlepas dari kondisi bangsa Indonesia yang besar, terdiri dari beragam suku dan tersebar di berbagai pulau di Nusantara,” paparnya.

Jadi tema MUI itu, lanjutnya, sesuai dengan peran MUI sebagai wadah musyawarah para ulama, zu’ama, dan cendekiawan yang bertugas memberikan bimbingan dan tuntunan kepada umat Islam di Indonesia.

“Khususnya dalam mewujudkan kehidupan beragama dan bermasyarakat,” imbuh Dr. Lukmanul Hakim pada Selasa (4/7), saat berbincang dengan MUI Digital.

Dr. Lukmanul Hakim, M.Si., pun mengungkapkan bahwa secara substansi, tema Milad Ke 48 Tahun MUI memiliki empat poin penting, yakni terkait persatuan, keberagaman, kesejahteraan dan bermartabat.

“MUI mengajak masyarakat dan semua pihak untuk selalu menjaga persatuan dalam keberagaman,” ungkap Dr. Lukmanul Hakim, M.Si., yang juga Ketua Dewan Pimpinan MUI Pusat Bidang Ekonomi ini.

Apalagi menjelang tahun politik 2024, ungkapnya, MUI mengajak masyarakat untuk waspada, jangan sampai perbedaan pendapat dan pilihan antar masyarakat dapat merusak persatuan bangsa.

“Dan MUI mengajak masyarakat (untuk) memegang teguh budaya bangsa Indonesia yang saling menghargai, menitikberatkan musyawarah, dan mencari solusi bersama dalam mewujudkan bangsa yang bermartabat, adil, makmul dan sejahtera,” pungkasnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

Peneliti CSPS SKSG UI

LEAVE A REPLY