Video: “NTP Naik, Petani Indonesia Disebut Makin Makmur, Benarkah?”

0
318

NEWSCON.ID, JAKARTA – Video pada akun Youtube CNBC Indonesia dengan judul: “NTP (Nilai Tukar Petani) Naik, Petani Indonesia Disebut Makin Makmur, Benarkah?” memiliki durasi 7 menit 20 detik di laman https://youtu.be/Od8V_QOlCxY. Wawancara dalam video ini berlangsung pada Kamis (3/8) pagi.

Narasumber dalam video CNBC Indonesia di atas ialah Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI), Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si., yang juga menjadi Ketua Center for Strategic Policy Studies (CSPS) Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI).

Adapun pembawa acara (host) merangkap moderator dalam dialog ini ialah Syarifah Rahma dari CNBC Indonesia. Video dalam program FoodAgri Insight ini telah dilihat sebanyak 2.191 kali oleh para netizen pemilik akun Youtube.

Secara umum, dialog ini membahas seputar rilis Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatat adanya kenaikan Nilai Tukar Petani (NTP) sebesar 0,21 persen, yakni mencapai 110,64, pada Juli 2023.

Peningkatan NTP ini disebabkan oleh faktor kenaikan indeks harga yang diterima petani lebih tinggi daripada indeks harga yang dibayar oleh petani, khususnya bagi petani tanaman perkebunan rakyat.

Ketua Umum DPP INTANI, Guntur Subaga Mahardika, menyatakan bahwa pertumbuhan NTP yang naik tentu menjadi kabar positif terhadap kesejahteraanpetani. “Hal ini ditopabg oleh kenaikan harga gabah,” ujarnya.

Namun begitu, Guntur Subagja yang juga Sekretaris Lembaga Wakaf Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat itu mengingatkan bahwa kenaikan harga gabah yang mendorong NTP naik terjadi akibat rantai distribusi produk pertanian yang panjang.

“Untuk memastikan kesejahteraan petani yang sesungguhnya, harus dipastikan tingkat pendapatan riil petani di lapangan. Apalagi saat ini, upah buruh tani saja masih di kisaran Rp 58.000 per hari. Padahal, upah buruh umum telah mencapai Rp 90.000 per hari,” jelas Guntur Subagja pada Kamis (3/8) pagi.

Berikut ini ialah video pada akun Youtube CNBC Indonesia, “NTP Naik,Petani Indonesia Disebut Makin Makmur, Benarkah?” di laman https://youtu.be/Od8V_QOlCxY. Selamat menyaksikan, semoga bermanfaat, terima kasih.

Sumber: Akun Youtube CNBC Indonesia, “NTP Naik,Petani Indonesia Disebut Makin Makmur, Benarkah?” https://youtu.be/Od8V_QOlCxY.

Editor: Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si.

Peneliti CSPS SKSG UI

LEAVE A REPLY