Inilah Tiga Peran Strategis IPI

0
556
Sumber: Insan Pariwisata Indonesia (IPI)

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Organisasi Insan Pariwisata Indonesia (IPI) memiliki tiga peran strategis dalam pembangunan nasional. Tiga peran strategis itu ialah: Pertama, IPI memajukan industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Kedua, IPI berkontribusi dalam kebijakan publik di pusat dan daerah. Ketiga, IPI terbukti menggerakkan ekonomi yang mampu menciptakan dan menyerap lapangan kerja serta mencetak wirausaha unggul.

Pembina Dewan Pimpinan Pusat (DPP) IPI, Guntur Subagja Mahardika, menyatakan hal itu pada Rabu (9/8), saat memberikan kata sambutan secara luring, dalam Peresmian Sekretariat Bersama IPI di Gedung Nitour, Jalan Majapahit Nomor 2, Jakarta Pusat.

Turut hadir Ketua Umum DPP IPI, I Gede Susila Wisnawa, dalam acara ini, bersama-sama dengan para pengurus IPI Pusat dan IPI Daerah lainnya. Acara ini diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta selaku tuan rumah.

Dalam acara ini, turut hadir dan memberikan kata sambutan perwakilan dari Nitour Indonesia, Nando Panjaitan, dan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta, Muhammad Adly Kafadzahna.

Sedangkan Ketua Panitia acara ialah Ares Yuz Iskandar. Ia melaporkan kegiatan acara ini kepada DPP IPI dan para hadirin. Acara ini diselenggarakan oleh DPD Provinsi DKI Jakarta.

“Di tengah persaingan global, IPI harus mencetak sumber daya manusia yang unggul di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Sudah saatnya IPI memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP),” tutur Guntur Subagja pada Rabu (9/8).

Selain itu, Guntur Subagja yang juga Ketua Center for Strategic Policy Studies (CSPS) Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI) ini pun berharap agar heritage atau warisan budaya Gedung Nitour dapat dikembangkan oleh IPI menjadi Pusat Pengembangan Pariwisata Nasional.

“IPI harus menjadi mitra strategis pemerintah dan para pemangku kepentingan (stakeholders) pariwisata lainnya. IPI…Yes…., Yes…, Go…!” ungkap Guntur Subagja dengan penuh semangat.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

Peneliti CSPS SKSG UI

LEAVE A REPLY