Video: “Inspirasi Bisnis INTANI Ke-126, Cerita Sukses Hasilkan Bawang Merah”

0
323

NEWSCOM.ID, NGANJUK – Video pada akun Youtube Tani TV dengan judul Webinar Inspirasi Bisnis INTANI #126, Cerita Sukses Hasilkan Bawang Merah Sehat ini beralamat di laman https://youtu.be/iCO-4xhcRzM dan memiliki durasi 1 jam 43 menit 35 detik. Video ini merupakan siaran langsung (live streaming) dari webinar tersebut.

Adapun INTANI merupakan kependekan dari Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia. Dewan Pimpinan Pusat (DPP) INTANI menjadi penyelenggara dalam Seminar Web (Webinar) yang berlangsung pada Rabu (9/8) pagi, Pukul 09.00 – 11.00 Waktu Indonesia Barat (WIB) itu.

Webinar Inspirasi Bisnis INTANI Ke-126 diselenggarakan DPP INTANI bersama-sama dengan INTANI Fresh, INTANI Farm, Mitra Mikro Social Investment, dan Platform Desa Digital Indonesia (Dedigo), serta Koperasi Agro Maritim Nusantara. Secara daring, hadir 100 peserta webinar melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting.

Kegiatan ini juga didukung oleh sejumlah media massa daring seperti Indonesia Review (http://indonesiareview.id/), Newscom.id (https://newscom.id/), Indonesia News Network/  INN (http://inn.co.id/home/), Koran Nasional (http://korannasional.com/) dan TANI TV (https://tani.tv/), serta Indonesia Daily.Id (http://indonesiadaily.id/).

Webinar dibuka secara daring oleh Ketua Umum DPP INTANI, Guntur Subagja Mahardika, yang juga Ketua Center for Strategic Policy Studies (CSPS) Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI), melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting.

Sedangkan narasumber dalam acara ini ialah Ketua Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Joglo Nganjuk, Susanto. P4S Joglo Nganjuk berlokasi di Desa Gandu, Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur (Jatim). Adapun moderator dalam Webinar Inspirasi Bisnis INTANI Ke-126 ialah Aris Eko Sedijono.

Lebih lanjut, dalam paparannya, Susanto menjelaskan tentang sejumlah inovasi teknologi pertanian berbasis kearifan lokal yang sedang dikembangkan dan telah diteliti oleh P4S Joglo Nganjuk bekerja sama dengan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) dari Dinas Pertanian Kabupaten Nganjuk.

Salah satu inovasi program P4S yang telah diakui publik ialah Lean Farming Komoditas Bawang Merah Berbasis Pedesaan Menuju Management Kawasan Kabupaten Nganjuk. Konsep Lean Farming berorientasi pada efisiensi dan efektivitas dalam indutri pertanian dengan berbasis kearifan lokal.

Adapun tujuan dari Lean Farming ialah untuk memaksimalkan laba dan meminimalkan biaya dari industri pertanian. Dalam konteks P4S Joglo Nganjuk, industrinya ialah komoditas tanaman bawang merah.

Hal ini terbukti dengan apresiasi berupa Piagam Penghargaan Gubernur Jawa Timur terhadap inovasi program P4S tersebut sebagai Terinovatif IV Kategori Inovasi Teknologi Di Bidang Ekonomi. Tepatnya dalam ajang Anugerah Inovasi Daerah dan Inovasi Teknologi (INOTEK Award) Provinsi Jawa Timur Tahun 2022.

Berikut ini ialah video pada akun Youtube Tani TV dengan judul: Webinar Inspirasi Bisnis INTANI #126, Cerita Sukses Hasilkan Bawang Merah Sehat, di laman https://youtu.be/iCO-4xhcRzM, dengan durasi 1 jam 43 menit 35 detik. Selamat menyaksikan, semoga bermanfaat, terima kasih.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

Peneliti CSPS SKSG UI

LEAVE A REPLY