LOVEPINK BERKUMPUL BERSAMA LEBIH DARI 1.500 PESERTA “PINK CARNIVAL” UNTUK

0
181

PARADE KEWASPADAAN KANKER PAYUDARA
Jakarta, 16 Oktober 2023 – Lovepink, sebuah organisasi nirlaba yang berfokus pada kegiatan sosialisasi deteksi dini dan pendampingan bagi perempuan dengan kanker payudara, tahun ini kembali dengan kegiatan tahunan yang ketujuh dalam rangka Breast Cancer Awareness Month, yaitu Indonesia Goes Pink (IGP) 2023. Rangkaian kegiatan yang berlangsung sepanjang bulan Oktober 2023 ini hadir tema ”Make the Change, Be the Change”. Puncak rangkaian acara ditandai dengan berlangsungnya PINK CARNIVAL breast cancer awareness parade yang melibatkan lebih dari 1.500 peserta.

“Melalui tema ‘Make the Change, Be the Change’ yang kami angkat untuk Indonesia Goes Pink tahun ini, PINK CARNIVAL menjadi sebuah selebrasi kehidupan yang membawa semangat ajakan kepada seluruh pihak untuk terlibat aktif dalam pergerakan menuju Indonesia bebas kanker payudara stadium lanjut 2030,” papar Dede Gracia, Ketua Pelaksana Indonesia Goes Pink 2023.

PINK CARNIVAL RAMAIKAN CFD DI JAKARTA
PINK CARNIVAL, kampanye peduli kanker payudara berwujud parade pada area publik, merupakan sebuah perayaan kehidupan bersama warriors dan survivors kanker payudara sambil tetap menyuarakan pentingnya SADARI dan Deteksi Dini dengan mengenakan kostum dan atribut serba pink yang meriah. Acara yang berlangsung pada hari Minggu, 15 Oktober 2023 di Thamrin Lobby Plaza Indonesia ini dibuka oleh sambutan dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin, yang juga turut serta dalam parade jalan bersama para peserta. PINK CARNIVAL makin semarak dengan penampilan spesial Jember Fashion Carnaval (JFC) yang memeriahkan parade jalan bersama artis Chelsea Islan, para Puteri Indonesia, para model UI Fashion Week, model-model 2ICONS, dan 501st Legion Garuda Garrison Indonesia.

Sebagai sebuah gerakan kampanye, PINK CARNIVAL dari tahun ke tahun secara konsisten juga menyosialisasikan SADARI Dance, sebuah tarian yang diciptakan dengan mengadopsi gerakan-gerakan pemeriksaan payudara secara mandiri oleh RDC Dancers. Adapun SADARI atau pemeriksaan payudara sendiri, juga menjadi salah satu konten kampanye yang terus disuarakan agar menjadi kebiasaan yang dilakukan secara berkala untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kanker payudara.

Lebih dari sekadar parade, PINK CARNIVAL juga diramaikan oleh dance workout bersama Riana Bismarak (Founder Geng Gobyos), games berhadiah, dan “Best Costume” bagi para peserta yang hadir dengan kostum terheboh dan menarik. Selain memeriahkan parade jalan bersama, kostum-kostum hasil karya Jember Fashion Carnaval turut diperagakan oleh para model UI Fashion Week, model-model 2ICONS, dan para Puteri Indonesia 2023 dalam fashion show.
BERBAGI, MENYEMBUHKAN DAN MEMBERDAYAKAN SEHARI BERSAMA SHE THE FORUM

Selain PINK CARNIVAL, Lovepink juga telah menggelar SHE the Forum pada 7 Oktober yang lalu di Function Hall A-D Level 2 Plaza Indonesia. Dengan kehadiran 200 peserta, terselenggaranya SHE the Forum menjadi aksi nyata Lovepink dalam mewujudkan pergerakan menuju Indonesia bebas kanker payudara stadium lanjut 2030.
“Tahun 2023 menjadi tahun yang diwarnai dengan pergerakan menuju ke arah yang lebih baik, karena Gerakan 10.000 USG Payudara Gratis bagi perempuan dengan keterbatasan finansial semakin gencar berkat donasi yang kami terima dari berbagai pihak. ‘Make The Change, Be The Change’ adalah seruan untuk membuat perubahan
dengan mengingatkan, dan menjadi perubahan dengan melakukan,” ujar Dede Gracia, Ketua Pelaksana Indonesia Goes Pink 2023.

Kegiatan satu hari yang komprehensif ini memberi banyak masukan informatif dan menjadi inspirasi bagi para warriors dan survivors kanker payudara. “SHE”, yang merupakan kepanjangan dari Share, Heal, Empower, menjadi landasan konsep acara ini. Dalam sesi SHARE, “BREAST CANCER FUTURE TREATMENT, A NEW HOPE FOR THE PATIENTS” bersama Dr. Jeffry B. Tenggara, Sp.PD-KHOM (Medical Oncologist). Dimoderatori oleh Dr. Nanik Kusumaningrum, MPH (Dokter Umum RS Bethesda Yogyakarta, survivor kanker payudara dan Koordinator Lovepink Wilayah Yogyakarta), membahas opsi pengobatan kanker payudara masa depan, dimana sudah mulai dikembangkan berbagai jenis terapi yang spesifik untuk tipe kanker payudara.
Sesi HEAL “HOW TO HEAL YOURSELF WITH MUSIC”, bersama Maya Hasan (Harpist, Actress, Practitioner) mengajak peserta untuk menyelaraskan tubuh dengan musik. Frekuensi musik menyebabkan getaran, dan getaran bisa membuat sel-sel tubuh terharmonisasi menjadi lebih baik.

Sesi EMPOWER dalam seminar “HOW TO EMPOWER YOURSELF” bersama Merry Riana (Entrepreneur, Investor, Content Creator), yang mengajarkan peserta agar bisa mengubah persepsi dari yang buruk menjadi yang baik dengan berpikir positif. Dalam paparannya, Merry Riana memberikan contoh ilustrasi dua orang yang jatuh ke dalam lubang, dan tertimpa pohon. Dua reaksi yang berbeda akan membuahkan hasil yang berbeda pula; bisa memperburuk, atau menjadi baik.

Sepanjang acara SHE the Forum, peserta juga dihibur dengan penampilan fashion show merchandise Lovepink oleh model-model 2ICONS dan Dance Lamentation oleh Laksmi Notokusumo dan Rusyda Yunina Marini, para survivor kanker payudara. Pada kesempatan yang sama, Lovepink juga memberikan sarana untuk mempromosikan aktivitas bisnis UMKM para warriors dan survivors melalui THE PINK MARKET.
PEMERIKSAAN USG PAYUDARA GRATIS UNTUK 10.000 PEREMPUAN DENGAN KETERBATASAN FINANSIAL

Tahun ini Lovepink kembali mengadakan USG Payudara Gratis untuk mendorong peningkatan kesadaran masyarakat melakukan deteksi dini yang dapat mengurangi potensi paparan kanker payudara stadium lanjut. Sampai akhir Agustus 2023, Gerakan 10.000 USG Payudara bekerjasama dengan beberapa rumah sakit, sudah dilakukan di wilayah Padang, Banjarbaru, Jabodetabek, Yogyakarta, Bandung, Jember, Surabaya dan Malang. Untuk pemeriksaan payudara secara klinis, yang dirujuk berdasarkan data lokasi masing-masing peserta dan telah berlangsung sejak Oktober 2021, sudah menjangkau lebih dari 8800 perempuan.

Secara berkala, Lovepink akan meningkatkan target penerima manfaat agar semakin banyak perempuan dengan keterbatasan finansial di Indonesia yang mendapatkan akses untuk melakukan deteksi klinis. Gerakan ini sejalan dengan WHO Global Breast Cancer Initiative yang bertujuan mengurangi angka kematian akibat kanker payudara global sebanyak 2,5% antara 2020 sampai 2040 dengan melakukan deteksi dini melalui SADARI dan SADANIS (Periksa Payudara secara Klinis), diagnosis tepat waktu, dan manajemen kanker payudara yang menyeluruh1.

Dalam penyelenggaraan IGP 2023, Lovepink mendapatkan dukungan public figure dari berbagai latar belakang, di antaranya Chelsea Islan (Actress & Caregiver), Bubah Alfian (Make Up Artist, Director Jember Fashion Carnaval), dan Anggi Wirya Diputra (Founder dan Creative Director 2ICONS). Selain itu, tahun ini, Plaza Indonesia hadir sebagai Official Venue Indonesia Goes Pink 2023, dan seluruh rangkaian acara juga didukung penuh oleh PT United Tractors, Tbk.

LEAVE A REPLY