Menuju Rakernas PRIMA DMI: “Mewujudkan Eksistensi dan Soliditas Organisasi” – Bagian 1

0
505
Sumber: PP PRIMA DMI / Indra Syahfirman

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Pimpinan Pusat (PP) Perhimpunan Remaja Masjid (PRIMA) Dewan Masjid Indonesia (DMI) akan menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PRIMA DMI pada Jumat hingga Ahad (5-7/7/24) di Jakarta, dengan mengangkat tema: Eksistensi PRIMA DMI Dalam Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid.

Kegiatan ini sekaligus menjadi momentum istimewa bagi PRIMA DMI untuk melakukan konsolidasi, menguatkan eksistensi dan memantapkan soliditas organisasi secara nasional, memasuki usia sembilan tahun PRIMA DMI pada Senin, 27 Mei 2024.

Di bawah kepemimpinan Munawar Khalil selaku Ketua Umum, PP PRIMA DMI terus bergerak aktif dalam menggali potensi dan meningkatkan sumber daya remaja masjid di seluruh Indonesia, sembari memantapkan konsolidasi dan soliditas organisasi. Hal ini terlihat jelas dari langkah taktis dan srategis PP PRIMA DMI saat bersilaturahmi dan beraudiensi dengan Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, M.A., pada Senin (3/6/24) di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Seperti dikutip dari laman https://minanews.net, 10 orang pengurus PP PRIMA DMI, dipimpin oleh Ketua Umum Munawar Khalil, telah bertemu dengan Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, M.A., pada Senin (3/6/24) siang.

Diantara pengurus yang hadir di Masjid Istiqlal ialah Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP PRIMA DMI, Afandi Ismail Hasan, Wakil Bendahara Umum PP PRIMA DMI, Dipasaguna, Direktur Brigade Masjid PP PRIMA DMI, Masrur Mustopa, dan Direktur Literasi Digital Remaja Masjid PP PRIMA DMI, Indra Syahfirman.

Hadir pula Direktur Bidang Pemuda dan Olah Raga PP PRIMA DMI, Hotmartua Simanjuntak, Direktur Bidang Pembinaan dan Pendampingan Rohani Islam (Rohis) PP PRIMA DMI, Abdul Wahid Mumtazan, dan Koordinator Pengembangan Wilayah Kalimantan – Direktorat Bidang Koordinasi dan Pengembangan Wilayah PP PRIMA DMI, Wildan Sabiq Aula.

Turut hadir Wakil Direktur Bidang Pembinaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA/ TPQ): Zainudin, Wakil Direktur Bidang Hubungan Luar Negeri PP PRIMA DMI, Muhammad Indra Kusuma Yudha, serta Wakil Direktur Bidang Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) PP PRIMA DMI, Muhammad Rosyad Alghani.

Dalam pertemuan di Masjid Istiqlal, Ketua Umum PP PRIMA DMI, Munawar Khalil, menyampaikan undangan secara resmi kepada Imam Besar Masjid Istiqlal untuk menjadi pembicara utama (keynote speaker) dalam kegiatan Rakernas yang akan digelar pada 5-7 Juli 2024. “Selain itu, kami juga minta Beliau untuk menjadi Pembina PP PRIMA DMI,” tuturnya pada Senin (3/6/24) siang.

Lebih lanjut, Munawar Khalil pun menyampaikan beberapa program PP PRIMA DMI yang kini sedang dilaksanakan, antara lain penguatan struktur organisasi, proses pengkaderan, penguatan organisasi, pembentukan brigade masjid serta penguatan entrepreneurship (kewirausahaan) remaja masjid.

“Kami berharap di priode ini, baik struktur yang terdiri dari PP PRIMA hingga ranting, semua (dapat) terbentuk, begitu pun kaderisasi, akan kami jalankan guna membentuk karakter dan peran-peran keremajaan yang berkaitan dengan masjid,” ucapnya.

Dalam sambutannya, Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, M.A., menyambut baik dan positif hadirnya PRIMA DMI. Beliau juga merasa sangat senang dan antusias terhadap kiprah PRIMA DMI selama sembilan tahun ini.

“Masjid Istiqlal telah banyak mendapat penghargaan internasional dan saat ini juga ditunjuk menjadi duta masjid Internasional. Kami berharap PRIMA DMI dapat menggelar event remaja masjid internasional,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, M.A., juga menyampaikan sejumlah pesan kepada PRIMA DMI, antara lain: Pertama, organisasi PRIMA DMI jangan terlibat politik praktis. “Remaja harus fokus dalam mengawal dan membina generasi muda masjid, jangan dulu terlibat politik praktis,” imbuhnya.

Kedua, lanjutnya, PRIMA DMI hendaknya memperbanyak kegiatan seni budaya. PRIMA DMI harus berikhtiar mendorong kebangkitan jiwa seni bagi generasi muda. “Tanpa seni, Islam akan menjadi sepi dan kaku,” ungkap Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar yang juga Rektor Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an (PTIQ) Jakarta itu.

“Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam (SAW) saja merupakan pecinta seni, dalam hal ini seni bela diri yang tangguh hingga akhir hayatnya,” papar Prof Dr. KH. Nasaruddin Umar, M.A.

Ketiga, ungkapnya, di antara sekian banyak organisasi yang berlatar belakang remaja masjid, PRIMA DMI diharapkan mampu menjadi wadah berhimpun semua remaja Muslim yang ada.

“Keempat, PRIMA DMI harus berkolaborasi dan bersinergi dengan semua masjid yang ada di Indonesia,” jelasnya.

Sumber: https://minanews.net/pp-prima-dmi-audiensi-dengan-imam-besar-istiqlal/

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

Direktur Bidang Media, Komunikasi dan Informasi PP PRIMA DMI

LEAVE A REPLY