Nagori Bah Butong, Tuan Rumah Festival Teh Nusantara 2020

0
841
Sumber: LKBN Antara

NEWSCOM.ID, SIMALUNGUN – Para pecinta teh di Nagori Bah Butong I, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), sedang menyiapkan Festival Teh Nusantara (FTN) yang akan digelar di areal perkebunan PT. Perkebunan Nusantara (Persero) IV Unit Kebun Teh Sidamanik pada Jumat (13/3) hingga Ahad (15/3) nanti.

Seperti dikutip dari Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Ketua Panitia FTN, Nikson Faisal Sitohang, menyatakan bahwa panitia FTN telah menyediakan 1.200 tenda untuk menampung sekitar 3.000 peserta dalam kegiatan FTN ini.

“Mereka adalah 40 komunitas pecinta alam dari berbagai daerah di Sumatera Utara dan Provinsi Aceh. Sedangkan Nagori Bah Butong di Kecamatan Sidamanik menjadi penghasul teh terbesar di Sumatera Utara,” papar Nikson pada Selasa (10/3).

Nagori Bah Butong, lanjutnya, juga memiliki sejumlah objek wisata seperti kolam dan air terjun serta panorama alam yang indah. Para peserta FTN juga akan mendapatkan pengetahuan tentang tanaman teh, produksi, dan cara penyeduhan.

“Selain itu, peserta melakukan perjalanan wisata ke objek-objek wisata, menikmati hiburan seni budaya, dan penarikan kupon undian berhadiah,” imbuhnya.

Nikson pun optimistis bahwa kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari ini dapat memberikan dampak positif terhadap perekonomian warga setempat dan sekitarnya.

Untuk itu, ucapnya, masyarakat diminta untuk membuka usaha yang bisa dijual dan dinikmati para pengunjung, baik dalam bentuk sovernir maupun makanan.

Meskipun demikian, Nikson berharap agar masyarakat tidak memanfaatkan kegiatan itu untuk mengambil keuntungan dalam jumlah besar.

“Bagaimana agar pengunjung merasa puas dan nyaman di Sidamanik ini, jadi dengan kepuasan itu, tidak ada efek jera bagi para pengunjung yang akan datang ke daerah kita ini,” harapnya.

Sumber: LKBN Antara

Editor: Hamdani

LEAVE A REPLY