Dirawat di RSPAD, Menhub Budi Karya Positif Terinfeksi COVID-19

0
636
Sumber: LKBN Antara

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia (RI), Ir. Budi Karya Sumadi, dinyatakan positif terinfeksi virus corona (COVID-19) setelah beberapa hari sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

Seperti dilansir dari Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, kondisi kesehatan Menhub RI itu disampaikan langsung oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) RI, Prof. Dr. Drs. Pratikno, M.Soc.Sc., dalam konferensi pers. Mensesneg RI juga didampingi oleh dokter yang memeriksa kesehatan Menhub RI.

“Kami dapat laporan dari RSPAD Gatot Soebroto, bahwa kondisi kesehatan Pak Menhub semakin baik. Dan doa kita bersama, dengan kerja keras, beliau semakin sehat dan pasien-pasien lain semakin sehat,” tutur Mensesneg Pratikno di Kantor Kementerian Sekretariat Negara (Setneg), Jakarta, pada Sabtu (14/3).

Sementara itu Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto, dr. Albertus Budi Sulistya, Sp.THT-KL, menyatakan bahwa kondisi kesehatan Menhub Budi Karya Sumadi telah menunjukkan tanda-tanda perbaikan. Sebelumnya Menhub dinyatakan mengalami sakit pernafasan akibat virus corona jenis baru (COVID-19).

“Saat ini, beliau kami rawat di RSPAD dan tadi sore, tim yang merawat menyebut ada perbaikan tanda-tanda umum beliau,” tutur dr. Albertus Budi Sulistya di kantor Kementerian Setneg, Jakarta, pada Sabtu (14/3).

“Menhub telah positif terinfeksi COVID-19. Informasi ini disampaikan atas seizin keluarga dari pasien nomer 76 yang disampaikan oleh juru bicara (jubir) pemerintah untuk COVID-19. Benar saat ini pasien sedang dirawat RSPAD Gatot Soebroto dan dengan beberapa ‘underline crisis‘ dan hasil lab, confirmed COVID-19,” ungkap dr. Albertus.

Menurut Albertus, Budi memang memiliki sejumlah penyakit bawaan. Jadi awalnya, beliau dirawat dengan penyakit penyerta di Rumah Sakit (RS) swasta.

“Dalam perkembangannya, beliau sesak nafas dan dilanjutkan dengan pemasangan beberapa alat medis supaya kondisi beliau tertangani dengan baik,” jelasnya.

Namun dr. Albertus tidak menjelaskan kapan Menhub Budi Karya Sumadi mulai dirawat di RS. Meskipun selama 2 pekan terakhir Menhub RI itu diketahui tidak menghadiri banyak kegiatan di Kemenhub RI maupun Istana Kepresidenan.

Sebelumnya Menhub Budi Karya juga diketahui ikut menyambut 69 Anak Buah Kapal (ABK) Diamond Princess di Bandara Kertajati, Provinsi Jawa Barat (Jabar), pada Senin (2/3).

Sumber: LKBN Antara

Editor: Hamdani

LEAVE A REPLY