Pemerintah: 309 Pasien Positif COVID-19, 25 Wafat, dan 15 Sembuh

0
257
Sumber: LKBN Antara

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Innalillahi wa inna ilaihi Rooji’un, tercatat 25 pasien yang positif terinveksi virus corona atau COVID-19 di seluruh Indonesia telah meninggal dunia hingga Kamis (19/3).

Juru Bicara Pemerintah Republik Indoensia (RI) untuk Penanganan COVID-19, dr. Achmad Yurianto, mengonfirmasi hal itu pada Kamis (19/3), dalam Konferensi Pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Jakarta.

“Total kematian 25 orang ini kurang lebih delapan persen dari total yang kita rawat, angka ini memang masih tinggi, tetapi angka ini dinamis yang setiap saat angka kasus baru bisa meningkat dengan cepat,” tutur dr. Achmad Yurianto pada Kamis (19/3), seperti dikutip dari Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara.

Menurutnya, jumlah pasien COVID-19 yang wafat di Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta bertambah 17 orang, di Jawa Tengah (Jateng) bertambah tiga orang, di Bali satu orang, di Banten satu orang, di Jawa Barat (Jabar) satu orang, dan di Sumatera Utara satu orang. “Jadi total ada 25 orang yang meninggal dunia karena COVID-19,” ujarnya.

Dalam beberapa kasus, lanjutnya, pasien COVID-19 meninggal dunia dengan rentang usia sekitar 45-65 tahun, meskipun ada satu kasus yang meninggal dunia pada usia 37 tahun.

“Hampir seluruhnya juga memiliki penyakit penyerta seperti diabetes, hipertensi dan beberapa memiliki penyakit paru menahun,” ungkapnya.

dr. Achmad Yurianto yang juga Direktur Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI itu juga membenarkan bahwa jumlah pasien positif COVID-19 di Indonesia terus bertambah menjadi 309 orang. “Ada beberapa penambahan kasus baru,” imbuhnya.

Kasus positif COVID-19 itu, ungkapnya, bertambah di Provinsi Bali sebanyak satu kasus, di Banten bertambah 10 kasus sehingga total menjadi 27 kasus, dan di Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta bertambah dua kasus sehingga total menjadi lima pasien.

“Lalu di Provinsi DKI Jakarta bertambah 52 kasus COVID-19 sehingga total ada 210 kasus positif, di Jawa Barat bertambah dua kasus sehingga menjadi 26 kasus, di Jawa Tengah bertambah empat kasus sehingga total menjadi 12 kasus, dan di Jawa Timur bertambah satu kasus sehingga total menjadi sembilan kasus,” jelasnya.

Sementara di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), ucapnya, tetap berjumlah dua kasus COVID-19, di Kalimantan Timur (Kaltim) bertambah satu kasus sehingga menjadi tiga kasus, di Kepulauan Riau (Kepri) bertambah dua kasus sehingga menjadi tiga kasus, dan di Sulawesi Utara (Sulut) tetap satu kasus.

“Sedangkan di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sulteng) ada tiga kasus, di Sumatera Utara (Sumut) bertambah satu kasus sehingga total ada dua kasus, di Sulawesi Selatan (Sulsel) tercatat dua kasus, di Lampung satu kasus, dan di Riau menjadi dua kasus,” katanya.

Lebih lanjut, dr. Achmad Yurianto menyatakan bahwa dari total 309 kasus pasien yang positif terifeksi COVID-19 tersebut, sebanyak 15 pasien dinyatakan sembuh.

Sumber: LKBN Antara

Editor: Hamdani

LEAVE A REPLY