PMI Menggandeng TNI untuk Menanggulangi Wabah COVID-19 di Indonesia

0
651
Sumber: LKBN Antara

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Palang Merah Indoensia (PMI) berupaya menanggulangi pandemi wabah Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) di Indonesia dengan cara bekerja sama dan menggandeng pihak Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Seperti dikutip dari Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Ketua Umum PMI Pusat, Dr. (H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, M.B.A., menyatakan bahwa TNI perlu dilibatkan dalam upaya penanggulangan virus Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) – Corona Virus (CoV) – 2 karena mereka memiliki kemampuan khusus.

“TNI perlu dilibatkan karena mereka memiliki kemampuan khusus, terutama kedisiplinan. Mengingat yang dihadapi saat ini ialah virus yang tidak kasat mata. Kedisiplinan sangat diperlukan dalam perang wabah ini karena yang kami hadapi adalah musuh yang tidak kelihatan,” tutur H. Jusuf Kalla pada Kamis (9/4).

Tepatnya saat memberikan pengarahan dalam Pelatihan Operator Gunner Spray di Markas Pusat PMI, Jakarta.

Setidaknya, lanjut H. Jusuf Kalla yang juga Ketua Umum Pakang Merah Indonesia (PMI) Pusat itu, ada 50 personel TNI yang mengikuti pelatihan Teknik Operator Gunner Spray, di Markas Pusat PMI, Jakarta.

Pernyataan senada diungkapkan oleh Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI, Letnan Jenderal (Letjen) TNI (Purn.) Soemarsono. Menrutnya, pihak TNI memiliki kewajiban untuk turut serta dalam operasi pencegahan penyebaran wabah COVID-19.

“Sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, maka TNI wajib untuk bertugas menanggulangi bencana, salah satunya wabah COVID-19,” ungkapnya.

Seperti diatur dalam UU Nomor 34 Tahun 2004, lanjutnya, maka TNI juga memiiki tugas non perang selain tugas melakukan perang, yang biasa disebut Operasi Militer Selain Perang (OMSP). “Upaya pencegahan wabah penyakit menjadi salah satu bagian dari OMSP,” tegas Letjen TNI (Purn.) Soemarsono.

Rencananya, lanjut Soemarsono, TNI yang dilibatkan ini akan bertugas selama tiga bulan sebagai operator Mobil Gunner Spray.

“Kendaraan ini merupakan mobil tangki yang dirakit khusus oleh PMI dan mampu menembakkan cairan disinfektan secara masif di jalan-jalan protokol ibu kota,” ucapnya.

Sumber: LKBN Antara

Editor: Hamdani

LEAVE A REPLY