Presiden Jokowi Pimpin Apel Kehormatan-Renungan Suci di TMP Kalibata

0
692
Sumber: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden RI

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI), Ir. H. Joko Widodo (Jokowi), telah memimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci pada Senin (17/8) malam di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama, Kalibata, Kota Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel), dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 RI.

Informasi ini disampaikan oleh Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden RI pada Senin (17/8), dalam rilisnya kepada NEWSCOM.ID.

Acara ini berlangsung tepat pada Pukul 00.00 Waktu Indonesia Barat (WIB) dan dihadiri oleh Wakil Presiden (Wapres) RI, Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma’ruf Amin, dan Menteri Sosial (Mensos) RI, Juliari Peter Batubara, M.B.A.

Turut hadir Menteri Agama (Menag) RI, Jenderal Tentara Nasional Indonesia (TNI) Purnawirawan (Purn.) Fachrul Razi, S.I.P., S.H., M.H., dalam kegiatan ini.

Selaku Inspektur Upacara, Presiden Ir. Joko Widodo pun menyampaikan amanatnya dalam Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Nasional Utama Kalibata ini.

“Penghormatan tertinggi bagi 10.102 pahlawan yang telah mengabdi dan mengorbankan jwa raga untuk membela Tanah Air dan meneruskan perjuangan kemerdekaan bangsa,” tutur Kepala Negara RI itu.

Menurutnya, tercatat ada sebanyak 9.131 pahlawan dari TNI dan Kepolisian RI, 877 pahlawan dari Badan Perjuangan, 51 pahlawan dari tokoh nasional, dan 43 pahlawan tidak dikenal yang dimakamkan di TMP Nasional Utama, Kalibata, Jaksel.

“Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridaan, keikhlasan, dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa,” papar Presiden Jokowi.

Presiden Joko Widodo pun memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang tidak dikenal, baik nama maupun tempatnya, dari seluruh pelosok Indonesia. “Semoga arwah para pahlawan diberikan tempat yang layak di sisi-Nya,” ucap Presiden Jokowi sembari berdo’a kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Tuhan Yang Maha Esa.

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa, semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa di tempat yang sebaik-baiknya,” ungkap Kepala Negara RI itu.

Dalam kesempatan ini, Presiden Jokowi pun memimpin prosesi mengheningkan cipta dengan doa bersama yang dipandu oleh Menteri Agama RI, H. Fachrul Razi. Acara ini juga dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukuam dan Keamanan (Menko Polhukkam) RI, Prof. Dr. H. Mohammad Mahfud MD., S.H., S.U., M.I.P.

Turut hadir Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian RI, Dr. Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A., M.M.T., dan Menko (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI, Prof. Dr. Muhajir Effendy, S.Pd., M.A.P., dalam acara ini.

Hadir pula Menteri Pertahanan RI, Letnan Jenderal TNI H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo, Panglima TNI, Marsekal TNI Dr. Hadi Tjahjanto, S.I.P., Kepala Polri (Kapolri), Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si., dan Kepala Staf Kepresiden RI, Jenderal TNI Dr. H. Moeldoko, S.I.P.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY