SABISABU Menyelenggarakan Webinar: “Menulis untuk Pengabdian dan Keabadian”

0
442
Sumber: SABISABU

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Satu Birokrat Satu Buku (SABISABU) telah menyelenggarakan Web Seminar (Webinar) bertema: “Menulis untuk Pengabdian dan Keabadian” pada Selasa (22/6) malam, Pukul 20.00-22.30 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Acara ini diselenggarakan atas kerja sama antara SABISABU dengan Optik ZAL dan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Rumah Produktif Indonesia (RPI) Sumbar. Seminar daring ini disiarkan secara langsung (live streaming) oleh akun Youtube Sabisabu 2021 di laman https://youtu.be/khL024kCrMM, dengan durasi 2 jam 17 menit 40 detik.

Acara ini dibuka secara langsung oleh Penggagas dan Pendiri (founder) SABISABU, Adrinal Tanjung, S.E., Ak., M.Si., melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting. Beliau juga seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sangat produktif dalam menulis buku.

Lebih dari 30 buku telah lahir dari buah tangan putra Minangkabau ini, antara lain buku Bukan Birokrat BiasaBirokrat MenulisBirokrat Menulis 2; dan Birokrat Menulis 3.

Dalam acara ini, turut hadir secara daring seorang praktisi audit senior, yakni Drs. H. Bambang Setiawan Djatmiko, M.M., selaku narasumber utama (keynote speaker). Beliau juga seorang ASN yang telah purnatugas di Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Republik Indonesia (RI).

Narasumber lainnya ialah Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Solok Selatan, Drs. H. Efi Yandri, M.Si., yang juga seorang penulis buku dan memiliki hobi menyanyi lagu-lagu khas Minangkabau, Sumatera Barat (Sumbar).

Salah satunya ada di akun Youtube Efi Yandri di laman https://youtu.be/v7g0wSxSAQY. Lagu ini berjudul Pambangkik Batang Tarandam ciptaan Wan Parau.

Kemudian hadir seorang dosen dan akademisi dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Eli Syarifah Aeni, S.Pd., M.Hum., selaku narasumber. Beliau juga seorang editor senior di PT. Salamadani Pustaka Semesta yang ada di Kota Bandung, serta seorang penulis produktif dengan karya 40 buku di bidang linguistik.

Selain itu, turut hadir dan menjadi narasumber dalam acara ini Dr. Antoni Ludfi Arifin, S.E., M.M., selaku narasumber. Beliau adalah seorang akademisi dan dosen di Institut Ilmu Sosial dan Manajemen-Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Industri (STIAMI).

Beliau juga menulis sejumlah buku dan menjadi praktisi di bidang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), bahkan memiliki pengalaman riset ilmiah dan bekerja selama beberapa tahun di PT. Kimia Farma (Persero), Tbk.

Kemudian, narasumber lainnya ialah seorang peneliti, akademisi dan penulis produktif dalam bidang studi keislaman dan pendidikan Islam, yakni Dr. (Candidate) H. Muhammad Basyrul Muvid. Beliau sedang menempuh pendidikan Strata 3 di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel – Surabaya, Jawa Timur (Jatim).

Hadir pula secara daring Ardeno Kurniawan, S.E., M.Acc., Ak., selaku narasumber dalam acara ini. Beliau ialah seorang ASN yang menjadi auditor di Inspektorat Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Ia juga menjadi penulis buku Fraud di Sektor Publik dan Integritas Nasional.

Lebih lanjut, turut hadir seorang peraih penghargaan ASN Inspiratif 2018 dalam Anugerah ASN 2018, yakni Randy Ariyanto Wibowo, S.H., M.Si., selaku narasumber dalam acara ini. Beliau ialah Kepala Seksi (Kasie) Bidang Industri Elektronika dan Telematika Kementerian Perindustrian RI.

Ia menjadi pendiri Rumah Pintar Aisha bersama istrinya, Dyah Lestyarini, S.H., M.Si., yang juga seorang ASN. Ia menjabat sebagai Kepala Subbagian Tata Laksana di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Selanjutnya, narasumber terakhir dalam acara ini ialah pemilik (owner) Penerbitan dan Percetakan CV. Samudra Biru, Miftachul Huda. Ia juga seorang penulis yang tinggal di Kota Yogyakarta dan aktif di Muhammadiyah.

Adapun moderator merangkap pembawa acara (host) dalam webinar ini ialah Mutya Quratul Aini, S.Pd. Ia adalah alumnus dari Program Studi (Prodi) Bahasa Inggris Universitas Negeri Padang (UNP).

Ia juga mengemban amanat selaku Direktur Divisi Hubungan Kemasyarakatan (Humas) dan Media Kreatif DPW RPI Sumbar.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY