CSPS-SKSG-UI-ISMES-Iluni KTTI-RPI Menyelenggarakan Webinar: “Timur Tengah Pasca Arab Spring”

0
143
Webinar Bedah Buku: "Timur Tengah Asca Arab Spring". Sumber: Dr. (Candidate) Yanuardi Syukur, S.Sos., M.Si.

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Center for Strategic Policy Studies (CSPS) – Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI) telah menyelenggarakan Seminar Web Bedah Buku: Timur Tengah Pasca Arab Spring: Pergulatan Kultural, Ekonomi, Politik dan Terorisme di Kawasan Paling Bergejolak di Dunia pada Rabu (15/9).

Seminar daring ini diselenggarakan oleh CSPS SKSG UI bekerja sama dengan Ikatan Alumni (Iluni) Pascasarjana Studi (PS) Kajian Timur Tengah dan Islam (KTTI) UI dan Indonesian Society for Middle East Studies (ISMES), serta didukung oleh Center for Global Studies (CGS) Rumah Produktif Indoenesia (RPI).

Kegiatan ini juga disiarkan secara langsung (live streaming) oleh akun Youtube CSPS UI di laman https://youtu.be/uBPf0IyXnpw. Video berduarsi 2 jam 7 menit 22 detik ini disiarkan pada Rabu (15/9), Pukul 15.30 – 17.30 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Secara umum, buku Timur Tengah Pasca Arab Spring ini terdiri dari 19 artikel ilmiah yang masing-masing ditulis oleh seorang penulis. Mereka membahas situasi dan kondisi Timur Tengah dari sudut pandang kultural (budaya), politik, ekonomi, serta keamanan, termasuk fenomena terorisme di Timur Tengah pasca Revolusi Musim Semi Arab (Arab Spring).

Dari 19 penulis itu, 7 penulis diantaranya berperan langsung dalam webinar ini sebagai narasumber, pembuka acara dan pemberi kata sambutan. Sejumlah penulis lainnya juga turut hadir secara daring dalam webinar ini.

Buku ini diterbitkan oleh Mata Kata Inspirasi dan terdiri dari total 304 halaman, dengan tebal buku 14,5 cm x 20,5 cm.

Seminar Web (Webinar) ini menghadirkan sejumlah narasumber, antara lain Ketua CSPS SKSG UI, Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si., yang juga salah satu penulis dalam buku ini.

Saat ini, Guntur Subagja mengemban amanat selaku Asisten Staf Khusus (Stafsus) Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Bidang Ekonomi dan Keuangan. Ia juga menyampaikan kata sambutan dalam acara ini.

Narasumber lainnya ialah Ketua Iluni PS KTTI UI, Prof. Dr. Nurul Huda, S.E., M.M., M.Si., yang juga Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas YARSI dan menjabat Wakil Rektor IV Universitas YARSI.

Saat ini, Prof. Dr. Nurul Huda juga mengemban amanat sebagai Anggota Divisi Pengelolaan dan Pemberdayaan Wakaf Badan Wakaf Indonesia (BWI). Ia juga menjadi salah satu penulis buku itu, sekaligus menyampaikan kata sambutan dalam webinar ini.

Adapun narasumber utama (Keynote Speaker) dalam acara ini ialah Ketua Program Doktor Kajian Stratejik dan Global SKSG UI, Dr. H. Ahmad Hanief Saha Ghafur, M.Si., yang juga Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Sedangkan penulis, editor, dan pengagas buku ini, Dr. (Candidate) Yanuardi Syukur, S.Sos., M.Si., juga turut hadir dan memberikan kata sambutan dalam acara ini.

Saat ini, ia juga mengemban amanat sebagai Sekretaris Jenderal Indonesian Society for Middle East Studies (ISMES), Sekretaris CSPS SKSG UI, dan Presiden Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Rumah Profuktif Indonesia (RPI).

Turut hadir dan menjadi narasumber Direktur Eksekutif ISMES, Dr. Ryantory, M.Si., yang juga salah satu penulis dalam buku ini. Ia pun menjadi peneliti dan dosen di Program Studi Hubungan Internasional (HI), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Hadir juga Dosen dan Peneliti Universitas Ibnu Khaldun, Dr. H. Wido Supraha, M.Si., yang menjadi penulis dalam buku ini. Ia juga mengemban amanat sebagai Kepala Penjamin Mutu Sekolah Pascasarjana Universitas Ibnu Khaldun, Bogor, serta menjadi Wakil Ketua Komisi Pengkajian dan Penelitian Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat.

Satu narasumber lainnya ialah alumnus University of Tehran, Siti Fatimah, M.Si., Ph.D., yang juga salah satu penulis dalam buku ini. Ia juga seorang peneliti dan dosen Politik Islam di Program Studi Ilmu Politik, FISIP – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Adapun moderator dalam acara ini ialah Peneliti dan Bendahara CSPS SKSG UI, Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si. Ia juga menjadi penulis dalam buku ini.

Direktur Jaringan Strategis dan Kerja Sama Inisiatif Moderasi Indonesia (InMind) Institute itu juga mengemban amanat selaku Wakil Sekretaris Pusat Dakwah dan Perbaikan Akhlak Bangsa (PD-PAB) MUI.

Sedangkan pembawa acara dalam webinar ini ialah Peneliti CSPS SKSG UI, Ir. Ajeng Pramastuty, S.T., M.Si., yang juga Ketua Bidang Teknologi Informasi CSPS SKSG UI.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY