Inspirasi Bisnis INTANI: “Cantiknya Bisnis Koi Di Tengah Pandemi”

0
237
Sumber: INTANI / Muhammad Ibrahim Hamdani

NEWSCOM.ID, BLITAR – Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI) Fresh bekerja sama dengan Yesindo Erabaru Sinergi (YES) Indonesia Foundation telah menyelenggarakan Seminar Web (Webinar) Inspirasi Bisnis INTANI Ke-42 pada Rabu (13/10), Pukul 09.00-11.00 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Seminar daring ini mengangkat tema: “Cantiknya Bisnis Koi di Tengah Pandemi” dan menghadirkan seorang milenial asal Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur (Jatim), yakni Sukma Ragil Saputra, S.E. Ia adalah seorang penggemar dan pengusaha Ikan Koi serta menjadi pemilik (owner) SAMAUKOI.

Alumnus Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Indonesia (UI) ini mulai membuka usaha budi daya Ikan Koi pada pertengahan 2020.

Tepatnya saat pria kelahiran 1 September 1985 itu pulang ke kampung halaman di Blitar, Jatim, akibat pandemi Coronavirus Desease 2019 (COVID-19). Apalagi budi daya ikan koi menjadi usaha berbasis hobi dan minat khusus yang telah menjadi tren di Blitar sejak sebelum dan saat pandemi COVID-19.

Minat warga Blitar untuk memelihara ikan Koi pun semakin meningkat di tengah pembatasan sosial berskala besar yang mewajibkan masyarakat untuk tinggal di rumah, beribadah di rumah, dan bekerja dari rumah.

Webinar ini dibuka secara resmi oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) INTANI, Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si., yang juga Asisten Staf Khusus (Astafsus) Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Bidang Ekonomi dan Keuangan.

Adapun moderator sekaligus pembawa acara (host) dalam webinar ini ialah salah seorang pengurus DPP INTANI, Ila Failani.

Secara umum, seminar daring ini membahas seputar ekosistem budi daya ikan koi dari hulu hingga ke hilir, mulai dari proses pembibitan, pemeliharaan, hingga pemasaran kepada konsumen. Termasuk membahas jenis-jenis kompetisi dan spesies unggul dari ikan asal Jepang ini. Dalam konteks ini, selera dan minat konsumen sangat menentukan.

Acara ini juga disiarkan secara langsung (live streaming) oleh akun Youtube Indonesia Review di laman https://youtu.be/jtbqOJktGH4 dengan durasi 1 jam 55 menit 11 detik.

Webinar ini juga didukung oleh berbagai media massa daring dan elektronik seperti Indonesia Review (http://indonesiareview.id/) Newscom.id (http://newscom.id/), Indonesia News Network (http://inn.co.id/home/), Koran Nasional (http://korannasional.com/) dan TANI TV (https://tani.tv/), serta Indonesia Daily.Id (http://indonesiadaily.id/).

Selain itu, para peserta yang hadir di webinar Inspirasi Bisnis INTANI ini juga mendapatkan sertifikat elektronik (ecertificate) dari INTANI. Syaratnya, mereka harus mengikuti minimal 75 persen rangkaian acara serta mengisi formulir absensi elektronik (e-form) yang disediakan oleh panitia secara baik dan benar.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY